Inovasi Detak Detik Disdukcapil Tanah Bumbu Resmi Diimplementasikan Kecamatan Sungai Loban

Inovasi Detak Detik Disdukcapil Tanah Bumbu Resmi Diimplementasikan Kecamatan Sungai Loban


BATULICIN — Inovasi Detak Detik (Desa Tertib Administrasi Kependudukan dengan Teknologi Informasi Komunikasi) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu Gento Hariyadi, kini sudah resmi  akan diimplementasikan Kecamatan Sungai Loban.

Inovasi tersebut telah diresmikan secara langsung oleh Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi bersamaan dengan launchingnya inovasi Si Petir (Sistem Pelayanan Terintegrasi) di Ruang Rapat dinas setempat, Kamis (23/11/2023). 

Dalam sambutannya, Gento Hariyadi menyampaikan bahwa dengan telah diimplementasikan Inovasi Detak Detik ini cukup memberikan kontribusi yang besar terhadap pelayanan dokumentasi kependudukan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dikatakannya, bahwa hingga saat ini sudah banyak inovasi yang terbit di Kabupaten Tanah Bumbu, salah satunya adalah Detak Detik dan Si Petir (Sistem Pelayanan Terintegrasi) yang insyaallah dipastikan akan tetap jalan kapan pun.

Gento juga menyebutkan, inovasi Detak Detik ini sudah diimplementasikan di beberapa Kecamatan seluruh Kabupaten Tanah Bumbu, terkecuali empat kecamatan diantaranya Batulicin, Kusan Hilir, Simpang Empat, dan Satui.

Hal tersebut dikarenakan akses masyarakat yang berada di Batulicin, Simpang Empat, dan Kusan Hilir masih dapat terjangkau kantor Disdukcapil, tetapi untuk Kecamatan Satui memang sudah ada pelayanan khusus yang telah disediakan.

Semua jenis pelayanan sudah tersedia di inovasi Detak Detik ini, dengan cara masyarakat menyerahkan berkasnya ke Desa, dilakukan verifikasi oleh petugas, petugas melakukan interaksi dengan operator dinas, yang selanjutnya akan dilakukan interaksi dengan pimpinan bidangnya secara hukum.

Kemudian, dan bila dokumen kependudukan yang diminta sudah jadi maka akan kembali dikirimkan ke desa dan proses tersebut dilakukan secara online tanpa dipungut biaya atau gratis.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh pejabat beserta staf instansi terkait, perwakilan dari SKPD, para operator desa Kecamatan Sungai Loban, dan tamu undangan lainnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama