DPRD dan Disperindagkop-UKM Perlu Bangun Kerja Sama Tingkatkan UMKM Benua Etam

DPRD dan Disperindagkop-UKM Perlu Bangun Kerja Sama Tingkatkan UMKM Benua Etam

SAMARINDA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kaltim memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat pengangguran melalui pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Benua Etam.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur, Encik Wardani. Ia mengatakan UMKM merupakan salah satu penyumbang ekonomi daerah sehingga perlu diberikan perhatian.

"Kami sangat mendukung program-program yang mendukung UMKM. Namun, penting untuk memastikan bahwa dukungan yang diberikan tidak hanya sebatas bantuan yang diberikan secara masif tanpa pengawasan yang memadai," ucapnya di DPRD Kaltim, Jumat (3/11/2023). 

Menurutnya perlu adanya evaluasi terhadap program-program dukungan UMKM, khususnya yang berkaitan dengan pendampingan. Sebab baginya peran pendamping UMKM perlu dievaluasi guna untuk memberikan dampak yang lebih nyata dan berkelanjutan. 

Dengan demikian, ia mendorong agar DPRD dan Disperindagkop membangun kerja sama yang balik dalam rangka untuk mendukung UMKM di Kalimantan Timur.

"Harapannya dengan kerja sama yang erat antara lembaga legislatif dan eksekutif, maka program-program yang mendukung pertumbuhan UMKM dapat menjadi lebih efektif dan berdampak positif bagi ekonomi daerah," tandasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama