Encik Dorong Pemprov Kaltim Optimalkan Penggunaan E-Katalog bagi UMKM

Encik Dorong Pemprov Kaltim Optimalkan Penggunaan E-Katalog bagi UMKM

SAMARINDA - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Encik Wardani, mendorong peningkatan pemanfaatan e-katalog sebagai sarana utama dalam berbelanja barang dan jasa bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Sebab e-katalog merupakan sistem berbasis elektronik yang digunakan oleh pemerintah untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa. Hanya saja masih terdapat kendala yang dihadapi oleh sebagian pelaku UMKM.

Dengan demikian, ia mendorong agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim mengoptimalkan pemanfaatan sistem tersebut.

"Ini masih belum maksimal, masih banyak pelaku UMKM belum bisa melakukan ini secara teknis. Ini jadi tantangan kita, bagaimana e-katalog bisa menjadi tren. Karena ini memudahkan. Mau cari jasa cleaning servis juga ada. Orang mau cari barang apa juga ada. Tinggal klik pakai jari. Ini perlu dimassifkan lagi," ungkap Encik di Gedung DPRD Kaltim, Jumat (3/11/2023). 

Pemanfaatan e-katalog memungkinkan entitas pemerintah dan UMKM untuk membeli barang dan jasa secara efisien, transparan, dan terstruktur. Namun, masih terdapat kendala bagi pelaku UMKM, terutama yang masih minim pengalaman dengan teknologi. Untuk mengatasi hambatan ini, Encik Wardani menekankan perlunya pendampingan.

"Hanya memang pelaku UMKM atau swasta masih jarang atau belum maksimal. Harus didampingi, paling enggak sebagian persen. Tapi itu bisa dilakukan bertahap. Kita perlu belajar, enggak bisa langsung jadi. Namun, tentunya program ini masih harus terus digaungkan," tambahnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama