Momentum HGN Salehuddin Inginkan Guru Benua Etam Harus Diberikan Dukungan

Momentum HGN Salehuddin Inginkan Guru Benua Etam Harus Diberikan Dukungan

SAMARINDA - Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 November. Peringatan HGN juga menjadi ruang apresiasi yang diberikan kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Salehuddin berharap dengan momentum peringatan HGN dapat dimaknai untuk membenahi proses penyelenggaraan pendidikan di Kaltim.

Ia menginginkan agar peringatan HGN bukan hanya sebagai simbol saja yang sering dilaksanakan secara formalitas saja, melainkan juga adanya upaya konkrit bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk bagaimana mendukung satu peningkatan kualitas sumber daya guru dan tenaga pendidikan di Benua Etam.

"Kedua kenapa ini penting karena sesuai dengan keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa provinsi kan ada kurikulum merdeka yang memang wajib dilaksanakan itu bagian dari tuntutan yang harusnya dimiliki ilmu pengetahuannya oleh guru-guru kita," ungkapnya di Ruang Rapat Paripurna Gedung B DPRD Kaltim, Senin (27/11/2023).

Selanjutnya berkaitan dengan bagaimana Pemprov Kaltim untuk melengkapi konsekuensi dari kurikulum merdeka tersebut. Salah satunya yakni adanya dukungan dan peningkatan sarana dan prasarana.

"Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana memfasilitasi ekosistem proses pembelajaran ini. Bukan hanya gurunya tetapi tenaga yang lain termaksud pengawas, menajemen sekolah misalnya oleh kepala sekolah itu juga menjadi bagian catatan penting sebenarnya. Jadi mari kita benahi dan mensejahteraan guru di Kaltim ini," pungkasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama