Simposium Nasional, Kuatkan Konektivitas dan Sinergisitas Menuju IKN

Simposium Nasional, Kuatkan Konektivitas dan Sinergisitas Menuju IKN

BANJARMASIN - Mengusung tema "Konektivitas dan Sinergisitas Kalimantan dan Persiapan IKN", Simposium Nasional IKN digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Kamis (9/11/2023).

Kegiatan ini juga merupakan langkah konkret dalam menyiapkan pintu gerbang Ibu Kota Negara alias IKN yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur. 

Hadir via zoom Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya, dan Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Wilan Oktavian. 

Di momen ini, Deputi Kepala Perwakilan BI Kalsel, Bimo Epyanto, Ketua KADIN Kalsel, Shinta Laksmi Dewi, Pengamat Kebijakan Publik dan Pembangunan FISIP ULM, Taufik Arbain, dan Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, hadir di depan audiens sebagai penanggap.

Melalui tayangan video, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor berharap kegiatan Simposium Nasional IKN ini menjadi rekomendasi konkret bagi terwujudnya Ibu Kota Negara Nusantara.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Muhammad Muslim selaku penggagas acara mengatakan, simposium ini begitu penting dilaksanakan bagi Kalsel sebagai gerbang IKN yang tentunya harus menyiapkan diri sebagai daerah penyangga.

“Sesuai arahan pimpinan, agar menyamakan persepsi dengan empat provinsi di Kalimantan, melalui simposium ini,” tuturnya. 

Tak hanya melibatkan pemerintah, lanjutnya, simposium ini juga melibatkan pelaku ekonomi termasuk perguruan tinggi. Kalsel tentu akan bersiap baik terkait infrastruktur maupun sektor ekonomi. 

Selain kepala daerah yang ada di Kalsel, beberapa kepala daerah dari provinsi tetangga, seperti dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur, juga hadir dalam simposium ini.[aan]


Lebih baru Lebih lama