Tingkatkan Kapasitas Petani Balangan, DKP3 Gelar Bimtek

Tingkatkan Kapasitas Petani Balangan, DKP3 Gelar Bimtek

ACARA Bimtek tengah berlangsung dan diikuti secara hikmat oleh para peserta.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan melalui Bidang Penyediaan, Pengembangan Prasarana dan Penyuluhan Pertanian (P5) melaksakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Tani Kabupaten Balangan, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Bimtek digelar selama empat hari dari 6 sampai 9 November 2023. Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Tim Belai Besar Pelatihan Pertanian Binuang Kementerian Pertanian dan menggandeng Lembaga Jembatan Ilmu.

Acara Bimtek dibuka langsung oleh Plt. Kepala DKP3 Balangan, Rizkianor Fauzi dan dihadiri 177 petani di Kabupaten Balangan serta empat Koordinator Balai Penyuluh Pertanian.

Dijelaskan Plt. Kepala DKP3 Balangan, Rizkianor Fauzi, Bimtek merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk lebih memajukan sektor pertanian melalui peningkatan kapasitas para petani di Balangan.

"Ini merupakan salah satu upaya kita dalam kemajuan sektor pertanian di kabupaten kita," jelasnya, Selasa (7/11/2023).

Rizki berpesan kepada para peserta bimtek agar ilmu yang sudah didapat pada kegiatan ini bisa di aplikasikan di lapangan.

"Kita berpesan agar peserta yang ikut bimtek bisa memakai keilmuannya dalam kegiatan di lapangan nantinya," pesannya.

Kabid P5 Kabupaten Balangan, Yulianti menambahkan, Bimtek ini selain bertujuan untuk peningkatan pengembangan kapasitas juga merupakan bagian tahapan dari proses penyebaran inovasi kepada petani.

"Jadi masalah pertanian bukan hanya masalah teknologi tapi juga bagaimana mendiseminasikan informasi pengetahuan sampai ke petani," sampainya.

Ia mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani untuk menciptakan petani yang maju dan berwawasan.[martino]
Lebih baru Lebih lama