Tingkatkan Sektor Pariwisata Kaltim, Nidya: Perlu Lakukan Ini

Tingkatkan Sektor Pariwisata Kaltim, Nidya: Perlu Lakukan Ini

SAMARINDA - Ketua Komisi ll DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Nidya Listiyono mengatakan untuk meningkatkan perkembangan pariwisata di Benua Etam perlu dilakukan beberapa perbaikan salah satunya mengenai infrastruktur jalan di daerah-daerah wisata untuk menjadikan pariwisata di Bumi Kaltim lebih berkualitas.

"Yang harus kita perhatikan adalah infrastruktur, terutama jalan. Itu yang masih dalam bentuk dukungan kita tidak anggarkan tapi jika sudah masuk dalam perencanaan kita pasti anggarkan untuk jalan tempat-tempat wisata agar bisa berjalan dengan baik," ungkapnya, Senin (20/11/2023).

Selain itu pemasangan tower atau akses jaringan komunikasi juga merupakan hal krusial dalam mendukung kemajuan pariwisata di suatu daerah.

"Karena wisatawan hari ini kalau datang sudah jalannya rusak dan susah sinyal gak akan datang itu barang, karena kebanyakan mereka berlibur sambil bekerja," jelasnya.

Dia menjelaskan dengan adanya infrastruktur jalan yang baik, investasi di bidang kepariwisataan pun diharapkan akan semakin meningkat dengan kemudahan dalam aksesibilitas.

"Ketika pariwisata di daerah meningkat maka ekonomi masyarakat akan meningkat pula, dan bisa menurunkan kemiskinan, sebab ekonomi masyarakat lokal sekitar destinasi wisata meningkat pula," terangnya.

Menurut Nidya, selain peningkatan infrastruktur jalan tempat wisata dan akses jaringan perlu pula upaya untuk menjaga dan menyajikan destinasi wisata seperti  hutan wisata, hutan bakau wisata dan lainnya.

"Seperti Bukit Embun, itu perlu dikelola dengan baik. Apakah itu diphak ketigakan (masyarakat yang mengelola), kita gunakan masyarakat lah kalau bisa. Seperti di Yogyakarta ada tempat pariwisata baru itu masyarakatnya diberdayakan sehingga masyarakat bertumbuh dan hal pendapatan asli daerah (PAD) pun jelas meningkat," pungkas Nidya.[adv]
Lebih baru Lebih lama