Pasar Penyeimbang Resmi Dibuka Pj Bupati Pulang Pisau

Pasar Penyeimbang Resmi Dibuka Pj Bupati Pulang Pisau

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM), resmi menggelar pasar penyeimbang dalam rangka menekan laju inflasi menjelang Natal Tahun 2023.

Pasar penyeimbang dimulai dan resmi dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati daerah setempat Hj Nunu Andriani di GPU Handep Hapakat, Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau, Senin (4/12/2023).

"Pasar penyeimbang ini upaya kita menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar rakyat, karena sejak Oktober hingga Desember 2023 di wilayah Kalteng terjadi kenaikan inflasi sebesar 4,6 persen dengan faktor utama kenaikan komoditi pokok seperti beras, bawang, cabai dan sejumlah bahan pokok lainnya," kata Pj Bupati usai meresmikan. 

Pada kesempatan ini, Hj Nunu mengajak lapisan masyarakat Pulang Pisau dapat memanfaatkan pasar penyeimbang yang dilaksanakan sejak 4 hingga 11 Desember 2023, di titik yang sudah ditentukan pihak Disperindagkop dan UKM.

Dalam laporan Kadis Perindagkop dan UKM Pulang Pisau Elieser Jaya mengatakan, pasar penyeimbang dalam rangka pengendalian Inflasi dan Hari Raya Natal Tahun 2023, dilaksanakan pada hari ini Senin 4 hingga 11 Desember dengan lokasi 4 titik di wilayah Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir.

"Di Kahayan Hilir 4 Desember ini ada 4 titik berlokasi di Halaman GPU Handep Hapakat, Kantor Desa Anjir Pulang Pisau, Halaman Gereja Yerusalem Taheta di Kelurahan Bereng dan di lingkungan pasar Desa Buntoi," terangnya.

Lanjut Elieser, untuk tanggal 6 Desember pelaksanaan pasar penyeimbang berlangsung di Kecamatan Jabiren Raya ada 2 titik, yakni di Halaman Kantor Kecamatan Jabiren Raya dan di Kantor Desa Sakakajang

Lebih lanjut, kata Elieser, di tanggal 9 Desember dilangsungkan di Kecamatan Kahayan Tengah, yakni di Halaman Kantor Kecamatan Tengah (Bukit Rawi), dan pasar Desa Pamarunan.

Kemudian lagi, pada tanggal 11 Desember di Kecamatan Banama Tingang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Banama Tingang dan Kantor Dewa Lawang Uru.

"Jadi, untuk seluruh biaya anggaran dibebankan di dinas kami. Selamat berbelanja dan berbelanja lah sesuai kebutuhan, karena harga di pasar penyeimbang ini lebih rendah dari pasar rakyat," beber Elieser.

"Mitra bisnis kita di pasar penyeimbang ini ada Perum Bulog Cabang Kapuas sebagai Partner Kerja penyedia Komoditi Bahan Pokok, PT Bank Kalteng, Pimpinan PT Saconk ( Agen LPG 3 KG), Pimpinan PT Alfredo Arka Bersama (Agen LPG 3 KG), Pimpinan PT  Sawang Hambawang (Agen LPG 3 KG), Pimpinan PT Indomarco Prismatama Cabang Pulang, dan Pimpinan PT Indofood Cabang Pulang Pisau," sebutnya.[as'ad]

Lebih baru Lebih lama