Barsel Torehkan Prestasi Gemilang dalam Indeks SPBE Secara Nasional

Barsel Torehkan Prestasi Gemilang dalam Indeks SPBE Secara Nasional


BUNTOK - Kabupaten Barito Selatan (Barsel) kembali menorehkan prestasi gemilang dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Melalui komitmen dan upaya keras seluruh jajaran pemerintah daerah, Kabupaten Barito Selatan berhasil meraih kategori "BAIK" dalam Indeks SPBE secara Nasional untuk Tahun 2023, Jumat (12/1/2024).

Sebagai informasi bahwa pada Tahun 2022 yang lalu, Indeks SPBE Kabupaten Barito Selatan baru berada pada angka 2,37 dengan Katagori “CUKUP” dan di Tahun 2023 melalui kerja keras dan komitmen seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Indeks SPBE Pemerintah Kabupaten Barito Selatan meningkat dengan signifikan menjadi 3,19, dengan katagori “BAIK” dan menduduki peringkat 1 untuk wilayah Kalimantan Tengah. 

sesuai pengumuman hasil evaluasi SPBE yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri PANRB No. 13/2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023.

Pencapaian ini menjadi bukti nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui kepemimpinan Penjabat (Pj.) Bupati Barito Selatan, H. Deddy Winarwan dalam meningkatkan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi. Indeks SPBE yang dinilai sebagai tolok ukur efisiensi dan transparansi pelayanan publik elektronik mencatat pencapaian luar biasa dari Kabupaten Barito Selatan. 

Melalui upaya berkelanjutan dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi, Kabupaten Barito Selatan berhasil meraih peningkatan signifikan dalam Indeks SPBE, yang mencerminkan dedikasi dalam memajukan pelayanan publik dan efisiensi administrasi.

Penjabat (Pj.) Bupati Barito Selatan, H. Deddy Winarwan, menyampaikan, kebahagiaan dan apresiasinya terhadap pencapaian ini. 

"Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini, yang tidak hanya mencerminkan kinerja Pemerintah Daerah, tetapi juga partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak terkait. Keberhasilan ini adalah buah dari kolaborasi yang solid dan kesungguhan untuk mewujudkan pemerintahan yang efisien, transparan, dan responsif," ucapnya

"Dengan meraih kategori 'BAIK' dalam Indeks SPBE, kita membuktikan bahwa Kabupaten Barito Selatan siap bertransformasi menjadi pemerintahan yang responsif dan inovatif. Ini adalah langkah positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi," ujar H. Deddy Winarwan.

Peningkatan indeks SPBE ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Selatan untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan layanan publik berbasis elektronik diharapkan dapat semakin meningkat, menciptakan interaksi yang lebih efektif antara pemerintah dan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan juga berterima kasih kepada seluruh instansi terkait, pemangku kepentingan, dan masyarakat yang telah mendukung serta berpartisipasi aktif dalam mewujudkan prestasi ini.[tomi]

Lebih baru Lebih lama