Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Terima SUKMA dari Sekda Kotabaru

Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Terima SUKMA dari Sekda Kotabaru


KOTABARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru, Said Akhmad menyerahkan Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA) Program Pendidikan Keaksaraan Dasar kepada Waga Binaan Lapas Kotabaru di Aula Cendrawasih, Lapas Kelas IIA Kotabaru, Rabu (21/02/2024).

Sebanyak 20 warga binaan berhak menerima SUKMA tahun 2024 yang telah menjalani ujian keaksaraan dasar. Program ini berlangsung sejak kepimpinan Lapas Kotabaru Yosef Benyamin Yambise pada awal tahun 2022 hingga 2023, dan telah meluluskan 119 Warga Binaan dari buta aksara.

Dalam pemberian SUKMA ini, Sekda Said Akhmad sangat mengapresiasi atas pembinaan yang sudah dilakukan oleh Lapas Kotabaru dengan pendekatan humanis yang dilakukan oleh Kalapas Kotabaru dengan jajarannya telah berhasil membuat pembinaannya berjalan sangat baik.

"Salah satunya pemberantasan buta aksara, hal ini juga turut membantu program Pemerintah Daerah untuk pemberantasan buta aksara,” ujarnya. 

Sekda juga menambahkan, pihaknya selalu siap membantu apa yang diperlukan untuk mendukung program pembinaan yang ada di lapas Kotabaru.

Di tempat yang sama, Kalapas Kotabaru, Yosef Benyamin Yambise mengungkapkan, Lapas Kotabaru berkomitmen penuh untuk memanusiakan manusia lewat berbagai kegiatan pembinaan yang terbaik bagi warga binaannya.

"Kami Lapas Kotabaru selalu berupaya melakukan pembinaan yang terbaik, salah satunya pemberantasan buta aksara," terangnya. 

Ia menambahkan, hal ini bisa membantu pemerintah untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang sudah di amanatkan oleh UUD 1945. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Daerah dan tamu undangan lainnya.

Dalam hal penyerahan SUKMA, salah satu warga binaan, Iwan yang menerima SUKMA merasa terharu dan bahagia adanya program Pendidikan keaksaraan dasar yang telah dilaksanakan oleh Kalapas Kotabaru, bersama teman-temannya

"Di luar dugaan, teman-teman saya kini bisa membaca dan menulis, ini berkat bimbingan Kalapas Kotabaru. Saya atas nama teman-teman mengucapkan terima kasih kepada "Ayah" mereka, yakni Yosef Benyamin Yambise Kalapas Kelas IIA Kotabaru beserta jajarannya atas program ini," tuturnya. 

Selain penyerahan SUKMA program pendidikan keaksaraan dasar, Sekda Kotabaru juga membuka langsung Kegiatan Pelatihan Bahasa Isyarat yang diikuti oleh Pegawai Lapas Kotabaru dan warga binaannya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama