Ini Solusi Penanganan Stunting di Pulang Pisau

Ini Solusi Penanganan Stunting di Pulang Pisau

PULANG PISAU - Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani mengungkapkan, salah satu penanganan dan pencegahan stunting yaitu dengan mengaktifkan dan menggerakan kembali peran dari Posyandu di setiap desa sehingga penekanan ini menjadi fokus dalam mengatasi persoalan stunting.

"Untuk saat ini, Posyandu yang ada di Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 268. Namun berdasarkan dari data Puskesmas, disetiap desa dari delapan kecamatan jumlah Posyandu yang aktif hanya 169," ucapnya, 

Lebih lanjut, dalam hal ini mengimbau Dinas terkait untuk setiap Pemerintah Kecamatan hingga desa harus memantau keaktifan Posyandu masing-masing. Sebab, setiap kegiatan Posyandu telah didukung dengan mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) yang bisa digunakan untuk insentif bagi kader Posyandu sebagai operasionalnya.

"Apabila Posyandu disetiap desa-desa aktif bisa diyakini dapat membantu dalam pencegahan stunting di Kabupaten Pulang Pisau," katanya.

Ia menambahkan, Posyandu harus bisa berjalan sesuai fungsinya sebagai dorongan menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas. Terlebih lagi di 2024 ini, Pemerintah telah berencana mendirikan Posyandu percontohan yang terintegrasi untuk lansia, remaja, usia produktif, karena selama ini Posyandu hanya untuk ibu hamil dan balita.[as'ad]
Lebih baru Lebih lama