Ratusan Pelajar Ikut Meriahkan Pawai Tarhib Ramadan 1445 H

Ratusan Pelajar Ikut Meriahkan Pawai Tarhib Ramadan 1445 H

SALAH satu kelompok Peserta Pawai Tarhib Ramadan 1445 H dari Paud Pembina Paringin Selatan.| foton: istimewa

BALANGAN - Ratusan pelajar di Kabupaten Balangan antusias ikuti pawai tarhib Ramadan, yang digagas oleh SMP Negeri 4 Paringin, di Taman Sanggam Balangan, Kecamatan Paringin, Jumat (8/3/2024).

Pawai tarhib digelar sebagai salah satu bentuk ungkapan kegembiraan dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1445 H.

Adapun pada pembukaan dan pelepasan peserta pawai dilakukan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Imdiyah Fadli serta diisi dengan tausiyah agama dari Sekretaris MUI Kabupaten Balangan, H. Sahlani.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Imdiyah Fadli, mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi SMP Negeri 4 Paringin sebagai inisiator dari kegiatan pawai tarhib tersebut.

Dia menyebut pawai ini tidak hanya sekadar pawai biasa, yang mana ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai ketakwaan kepada Allah SWT. 

"Dari inisiatif ini semoga bisa menciptakan Kabupaten Balangan yang islami," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris MUI Kabupaten Balangan, H. Sahlani, dalam tausiyahnya menyampaikan banyaknya manfaat yang didapat oleh tubuh ketika menjalankan ibadah puasa. 

Selain mendapat pahala, dia menuturkan, ketika berpuasa tubuh terasa lebih sehat dengan meningkatnya metabolisme tubuh, mengaktifkan detoksifikasi dan manfaat kesehatan lainnya.

"Puasa ini sangat banyak manfaatnya terhadap tubuh kita dan lain sebagainya. Yang paling utama untuk mengaktifkan iman kita," sampainya.

Usai tausiyah dan doa, kegiatan dilanjutkan dengan pawai namun sempat terjeda karena di guyur hujan beberapa saat. 

Namun tak menghentikan semangat mereka. Hanya beberapa saat menepi, peserta pawai tarhib Ramadan kembali dilepaskan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Imdiyah Fadli.

Terlihat seluruh peserta pawai tarhib Ramadan yang mengenakan pakaian bernuansa islami dengan membawa poster syiar Islam, mulai bergerak secara teratur menelusuri rute yang telah ditetapkan.

Adapun untuk rute pawai dimulai dari Taman Sanggam Balangan menuju Bundaran Kota Paringin, lalu melewati Komplek 25 Bawah menuju Lapangan Martasura dan kembali ke Taman Sanggam Balangan.

Ditemui usai acara, Kepala SMP Negeri 4 Paringin, Murjiah, menyebut pawai tarhib Ramadan ini diikuti oleh 844 pelajar yang tergabung dalam empat lembaga sekolah.

"Kami dari SMP Negeri 4 Paringin, SMA Negeri 2 Paringin, SD Negeri Paringin Selatan 1 dan Paud Pembina Paringin Selatan bisa melaksanakan kegiatan ini," sampainya.

Murjiah mengatakan, selain dalam rangka menyambut bulan Ramadan, pawai tarhib juga bertujuan untuk syiar Islam dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

"Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini anak-anak bisa semakin bersemangat dalam menyambut bulan suci Ramadan dan ini adalah bagian dari syiar kita mengenalkan bulan Ramadan kepada mereka," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama