Tingkatkan Kopetensi Insan Pertanian, DKP3 Balangan Gelar Kegiata Penilaian Penyuluh Berprestasi

Tingkatkan Kopetensi Insan Pertanian, DKP3 Balangan Gelar Kegiata Penilaian Penyuluh Berprestasi

KEPALA Bidang P5 DKP3 Balangan, Yulianti tengah menyampaikan sabutan dan membuka acara penilaian.| foto : istimewa

BALANGAN - Sebagai bentuk upaya peningkatan kinerja para Insan Pertanian serta untuk lebih meningkatkan semangat, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menggelelar kegiatan Penilaian Penyuluh Teladan, Penyuluh Swadaya, Petani, Gapoktan dan BPP berprestasi Tahun 2024 di Aula DKP3, Rabu (27/3/2024) pagi.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Bidang Penyediaan, Pengembangan Prasarana dan Penyuluhan Pertanian (P5), Yulianti, Tim Penilai yang dominan dari KJF DKP3 dan pakar penyuluhan dari Komisi Penyuluh Kabupaten Balangan dan  seluruh peserta yang dinilai perwakilan delapan kecamatan se-Balangan yang di usulkan balai penyuluhan pertanian. 

Dalam sambutannya Kabid P5, Yulianti menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan kepada Insan Pertanian tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2024.

"Kegitan ini kita selenggarakan sebagai bagian dari rewards bagi Penyuluh ASN, Penyuluh Swadaya dan Petani serta kelembagaan penyuluh, di desa maupun kecamatan yang sudah menunjukkan dedikasi dan prestasi kerja dalam pembangunan pertanian," paparnya.

Selain itu, Yanti juga menerangkan kegiatan ini meruapakan agenda tahunan yang digelar oleh Bidang P5 DKP3 Balangan.

"Kegiatan penilaian insan pertanian berprestasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh bidang P5 pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertaninan dan Perikanan Kabupaten Balangan," tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa siapa pun nanti yang terpilih dan mewakili Kabupaten Balangan merupakan orang-orang hebat dan memiliki kompeten.

"Kami yakin peserta terpilih dari hasil seleksi ini adalah orang-orang yang hebat," ungkapnya.

Yanti pun berpesan untuk para peserta yang nantinya terpilih agar tetap jaga nama baik Kabupaten Balangan khususnya Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) di ajang berikutnya.

"Kami berpesan agar nantinya para peserta yang mewakili Kabupaten Balangan agar selalu jaga nama baik kabupaten kita," pesannya.

Bersambut Sekretaris Tim Penilai, Eka Hastuti menyebut bahwa dalam pelaksnaan kegiatan dari tim penilai ada penilaian dan verifikasi dengan lima kategori.
 
"Dalam penilaian kita ada lima kategori yaitu kategori kelembagaan yaitu BPP dan Gapoktan serta Kategori  Ketangaan yaitu Penyuluh ASN, Penyuluh Swadaya dan Petani," paparnya.

Eka juga menambahkan bahwa peserta yang dinyatakan menang selanjutnya akan dikirim ke tingkat provinsi untuk mengikuti seleksi menuju tingkat nasional.

"Untuk hasil seleksi dan verifikasi kegiatan ini akan kami umumkan pada hari kamis, tanggal 28 Maret 20024 selanjutnya peserta akan diikutkan ke tingkat provinsi," tambahnya.

Serta ia melanjutkan bahwa untuk peserta yg mengikuti seleksi berasal dari Balai Penyuluhan Pertanian Lapangan pada setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

"Kabupaten Balangan mempunyai delapan kecamatan maka pesertanya dari delapan Balai penyuluhan, pastinya hanya insan pertanian yang boleh mengikuti ajang berprestasi seperti petani, pekebun, peternak yang berusaha dibidang tersebut, serta para penyuluh pertanian tingkat lapangan," jelasnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama