Situasi Covid-19, Bupati Sudian Minta Pemdes Maksimalkan Poskamling

BATULICIN - Fungsi Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) tampaknya bisa dimaksimalkan di situasi wabah virus Corona. Setidaknya keberadaan Poskamling juga bisa berperan mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk itu, Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor meminta kepada semua Pemerintahan Desa agar mengeksiskan kembali Poskamling di desa-desa yang ada di Bumi Bersujud.

"Kita minta kepada semua mulai dari RT, RW agar menjaga wilayah masing-masing untuk menjaga orang luar yang datang dari zona merah yang datang di desanya," tegasnya usai menyerahkan bantuan di Makodim 1022/Tnb, Jumat (17/4/2020).

Jadi, lanjut Sudian, bila ada orang luar yang datang ke desanya, RT sudah tahu apakah orang yang datang itu dari zona merah. Apabila pendatang itu berasal dari zona merah tentunya bisa dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Menurut orang nomor satu di Bumi Bersujud ini, fungsi Poskamling sangat efektif untuk menjaga wilayah masing-masing. 

"Insya Allah penularan virus Covid-19 ini bisa kita tekan," imbuhnya.

Sudian mengaku sudah menginstruksikan Dinas PMD untuk membuatkan surat simulasi. Nanti untuk posko-posko yang ada di jalanan sudah tidak ada lagi, karena kekuatan difokuskan di desa masing-masing.

"Desa nanti membentuk relawan-relawannya, kita tinggal memantau apa berjalan apa tidak?. Puskesmas juga kita perkuat. Ini agar teman-teman kita tidak lelah, apalagi ini mau memasuki bulan Suci Ramadhan," jelasnya.

Untuk anggaran, Pemdes boleh menggunakan dana desa. "Apabila kekurangan anggaran baru Kabupaten yang ikut membantu," tutupnya.[joni]

Posting Komentar

0 Komentar