Masjid Ini Mulai Buka Penerimaan Zakat Fitrah

BATULICIN - Panitia Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Besar Baiturrahim Desa Bersujud, Kabupaten Tanah Bumbu sudah mulai membuka penerimaan zakat pada 20 Ramadan 1441 Hijriah, Rabu (13/5/2020). Penerimaan ini direncanakan berlangsung hingga malam lebaran Idul Fitri.

"Penerimaan zakat fitrah yang kami lakukan ini sudah berdasarkan atau mengacu Surat Edaran Kementerian Agama, untuk segera mungkin melaksanakan tugas dalam pengumpulan zakat," terang Ketua Panitia UPZ Masjid Baiturrahim, M Yusran.

Menurutnya, untuk penerimaan zakat ini, panitia tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19. Ini juga demi kemaslahatan dan kelancaran bersama.

"Kami sudah mengimbau masyarakat agar memperhatikan protokol kesehatan, di antaranya menggunakan masker, selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menjaga jarak," jelasnya.

Panitia juga melarang warga untuk saling tukar menukar kupon, di mana pernah terjadi di tahun sebelumnya. Ini juga agar tidak terjadi kerumunan sebagai langkah mencegah Covid-19.

Untuk zakat fitrah, lanjutnya, masyarakat harus membawa dari rumah masing-masing. Takaran zakat fitrah sendiri ditetapkan 2,5 kilogram per orang. Zakat fitrah rencananya disalurkan pada malam lebaran Idul Fitri melalui data RT.

Terkait pengamanan panitia meminta bantuan ke Polsek Simpang Empat.

"Kami akan terus tetap menjaga keamanan untuk kegiatan penerimaan zakat di Masjid Besar Baiturrahim," tutur Kanit Binmas Polsek Simpang Empat, Ipda Dany.[joni]

Posting Komentar

0 Komentar