Tujuh Nakes Puskesmas Batulicin I Positif Covid-19

BATULICIN - Tujuh Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di Puskesmas Batulicin l, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dinyatakan positif Covid-19. Mereka pun masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanbu, H Setia Budi saat dikonfirmasi via telepon seluler, Kamis (28/5/2020) membenarkan kabar adanya tujuh Nakes di Puskesmas Batulicin l yang positif Covid-19.

"Jadi mereka yang positif itu Orang Tanpa Gejala (OTG) dari tenaga kesehatan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Batulicin l, dr. Rinasary Aras saat dikonfirmasi juga mengamini kondisi tersebut. 

"Apa yang dikatakan Kepala Dinas Kesehatan, H Setia Budi itu benar. Kita kan dapat informasi dari sana juga," tuturnya.

Bagi sebagian Nakes di Puskesmas Batulicin yang hasil rapid test dinyatakan reaktif, sementara diinstruksikan untuk tinggal di rumah dinas. Ini dilakukan untuk menghindari kontak sama keluarga mereka.

Pelayanan Puskesmas Batulicin l sendiri masih tetap buka. Kendati demikian, disebutkan belum ada pasein yang datang untuk berobat.

"Kita masih menunggu informasi dari Kepala Dinkes. Kita tidak bisa tutup sembarangan, harus Kepala Dinas yang menentukan, jadi kami tetap ada di Puskesmas. Tetap dibuka, namun tidak ada juga Pasein yang datang, mungkin takut," bebernya.

Koordinator Humas Gugus Tugas Darurat Covid-19 Tanbu, Ardiansyah menyebutkan, di wilayah Kecamatan Karang Bintang untuk sekarang tercatat ada 62 OTG. Sedang untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 3.

"Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 11 orang, dan yang sembuh Covid-19 Ada 1 orang. Ini khusus wilayah Karang Bintang," jelasnya.

Ardiansyah memaparkan, untuk kecamatan lainnya, seperti Batulicin OTG ada 114, ODP ada 11, Perawatan ada 11, Simpang Empat OTG ada 114, ODP ada 3, Perawatan ada 38, Kusan Hilir OTG ada 87, ODP ada 13, Perawatan ada 23 dan sembuh ada 2.

Selanjutnya, Kusan Hulu OTG ada 78, ODP ada 10, Perawatan ada 1, Kuranji OTG ada 32, ODP ada 1, Perawatan ada 4, Mantewe OTG ada 23, ODP ada 14 Perawatan ada 7, Satui OTG ada 77, ODP ada 18, PDP ada 1, Perawatan ada 12, Sembuh ada 1, Sungai Loban OTG ada 29, ODP ada 6 Perawatan ada 6, Angsana OTG ada 18, ODP ada 15, Perawatan ada 4, Sembuh ada 1.[joni]

Posting Komentar

0 Komentar