Kembangkan Pembinaan, BBPP Binuang Serahkan Bantuan pada P4S Gawi Bersama

PALANGKA RAYA - Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) merupakan wadah pendidikan dan pelatihan milik petani untuk mendukung pembangunan pertanian.

Salah satu upaya untuk mengembangkan P4S ini, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang merangkul penyuluh pertanian untuk terus membina kelembagaan tersebut di wilayah binaannya. 

Pembinaan berjenjang dari tingkat penyuluh terus dilakukan agar P4S terus mampu berjalan mendukung pengembangan SDM pertanian terus berkelanjutan.

Dalam Pembinaan ini diarahkan agar P4S dapat menyiapkan diri sebagai pelaku pengembangan pelatihan baik individu, kelompok ataupun kelembagaannya yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pelaku-pelaku usaha atau petani yang berada di sekitar wilayah P4S. 

Selain pengembangan pelatihan, juga diberikan bantuan berupa sarana prasarana yang dibutuhkan oleh P4S.

Jumat 5 Juni 2020, BBPP Binuang bersama dengan Dinas Pertanian dan Ketananan Pangan Kota Palangka Raya menyerahkan bantuan untuk P4S wilayah Kalimantan Tengah pada P4S Gawi Bersama dan P4S Harapan.

P4S Gawi Sabumi sendiri menerima 1 unit infocus, 1 unit laptop dan 1 unit priter. Kemudian P4S Harapan menerima 1 unit infocus, 1 unit laptop dann1 unit Layar LCD.

Penyerahan dihadiri Kepala Dinas, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya beserta jajaran BPP Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya.

Dari BBPP binuang hadir  Kepala BBPP Bingung, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Ir DAD Saraswati serta Kepala Seksi Program dan Kerjasama Agus Sumantri SP.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Drs Rinson MSi mengucapkan terima Kasih atas dukungan Kementerian Pertanian melalui BBPP Binuang turut serta membangun pengembangan SDM di wilayah kerjanya.

"Besar harapan kami kepada BBPP Binuang untuk terus mendukung kemajuan P4S," jelas Rinson.

Selanjutnya, Rinson berharap SDM kelembagaan P4S yang ada di wilayah kerjanya untuk terus di tingkatkan melalui pelatihan dan pembinaan berkelanjutan.

"Kami berkewajiban untuk membina pengembangan SDM di wilayah binaan kami di seluruh Kalimantan," jelas Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, Kepala BBPP Binuang.

Yulia mengajak untuk bersama-sama membangun SDM pertanian dari tingkat petani sampai jajaran pembina.

"Salah satu upaya ini kita wujudkan dengan menyiapkan P4S yang sekarang sudah menerima bantuan. P4S adalah wadah sarana pembelajaran bagi petani untuk petani, tempat magang siswa sekolah bahkan karyawan yang mau pensiun untuk belajar pertanian," tambah Yulia.

Ucapan yang sama dilontarkan kedua P4S penerima bantuan. Slamat Riyadi, Ketua P4S Harapan dan Abdul Kadirnor, Ketua P4S Gawi Bersama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala BBPP Binuang yang telah berkenan membina dalam bentuk bantuan sarana pembelajaran. 

"Kami akan manfaatkan bantuan tersebut untuk mendukung pengembangan SDM di Kota Palangka Raya Khususnya dan Kalimantan Tengah," imbuhnya.[advertorial]