Masuk RSUD Ini, Semua Pasien IGD Dirapid Test

BATULICIN - Situasi pandemi Covid-19, mengharuskan tenaga medis di RSUD Dr Andi Abdurahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu untuk siaga. Tak terkecuali dengan siaga melakukan rapid test di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Direktur RSUD dr Andi Abdurahman Noor, dr Saifullah Saleh melalui Kabag Tata Usaha, M Saleh kepada metrokalimantan.com, Selasa (2/6/2020) mengatakan, untuk mencegah penularan Covid-19 tentunya setiap pasien yang datang ke IGD langsung dilakukan rapid test.

"Kita kan melakukan rapid test ini karena sudah ada tenaga kesehatan kita yang reaktif Covid-19, mereka termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG)," terang Saleh.

Bahkan untuk Karyawan di RSUD ini, lanjutnya, sudah ada 10 orang yang diisolasi di Hotel Madina.

"Makanya kita lakukan rapid test kepada pasein yang datang ke IGD. Karena bila tidak kita lakukan rapid test nanti bila orang itu memiliki virus Covid-19, maka akan menjangkit ke pasien lainnya," jelas Saleh.

Saleh memaparkan, untuk pasein rujukan Puskesmas yang ada di Tanah Bumbu saat dirujuk ke RSUD dr Andi Abdurahman Noor, pihaknya menghubungi pihak Puskesmas apakah pasien tersebut sudah dilakukan rapid test atau belum.

"Jadi bila sudah dilakukan rapid test di Puskesmas, maka dinyatakan aman dari reaktif Covid-19. Pasein tersebut baru kita rawat di Bangsal yang non infeksi. Sedangkan untuk pasien yang reaktif baru perawatannya di ruang isolasi," tutupnya.[joni]

Posting Komentar

0 Komentar