Pasien Covid-19 Sembuh Dipastikan tak Tularkan Virus

PULANG PISAU - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, pasien positif virus Corona yang sudah sembuh tidak akan menularkan virusnya lagi.

"Karena secara medis, kalau sudah dilakukan swab dua kali hasilnya negatif, maka pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, aman, dan tidak akan menularkan lagi," ujar dr Mul begitu sapaan akrabnya kepada media ini, Jumat (5/6/2020).

Menurutnya, pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 sangat bermanfaat sekali untuk membantu pasien-pasien yang sakit, dan itu sangat diperlukan.

"Yakin saja, kalau sudah sembuh dari virus Corona secara medis aman, dia kebal, dan tidak akan terpapar lagi, kecuali oleh virus jenis lain," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pulpis selaku Sekretaris Gugus Tugas covid-19, Drs Salahudin mengharapkan kepada masyarakat agar tidak memberi stigma negatif kepada pasien positif covid-19 yang sudah sembuh.

"Jangan dikucilkan, terima mereka kembali seperti dulu sebelum mereka terinfeksi virus Covid-19," pintanya.

Salahudin mengharapkan kepala desa atau lurah bisa memberikan pemahaman dan pengertian kepada warga yang tinggal di lingkungan tempat tinggal pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh.

"Berikan pengertian bahwa dia sudah sembuh dan tidak akan menularkan virus Corona lagi," tukasnya.[metrokalimantan]

Posting Komentar

0 Komentar