Masih Melonjak, Kotabaru Ujicoba New Normal

KOTABARU - Kini masjid-masjid kembali dibuka untuk pelaksanaan salat Jumat. Ini sekaligus merupakan wujud penerapan tatanan baru New normal yang diberlakukan Pemkab Kotabaru.

Meski bersifat ujicoba penerapan kelonggaran dengan protokol kesehatan, diharapkan agar berlanjut terus-menerus dan dapat diterapkan di pasar, objek wisata dan fasilitas umum lainnya.

Di samping pelaksanaan ujicoba pelonggaran, kasus positif Covid-19 di Kotabaru diinformasikan melonjak drastis. Fakta ini berdasarkan keterangan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kotabaru.

Dalam press release di halaman Kantor Bupati Kotabaru, Jumat (5/6/2020), Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, mengungkapkan, ada 13 kasus penambahan pasien yang dinyatakan positif.

Danlanal Kotabaru ini mengatakan, 13 pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif itu di antaranya 3 orang dari Kecamatan Tanjung Selayar berinisial AB (54) laki-laki, EI (43) perempuan, dan S (56) laki-laki. Mereka ditengarai kontak erat dari klaster Gowa.

Kemudian 1 orang asal Kecamatan Kelumpang Hulu, SR (48) perempuan dan 4 orang dari Kecamatan Pulau Laut Sigam berinisial H (53) perempuan, M (46) laki-laki, SSY (59) laki-laki, dan MH (5) laki-laki.

Selanjutnya 4 orang dari Kecamatan Pulau Laut Utara, berinisial RA (28) laki-laki, AS (48) laki-laki, RM (47) perempuan, Y (44) perempuan, dan 1 orang dari Kecamatan Kelumpang Hilir, inisial A (37) laki-laki.

"13 pasien yang terkonfirmasi positif akan langsung mendapatkan pengobatan dari dokter spesialis paru dan menjalani isolasi mandiri serta dijaga ketat oleh Tim Gugus Kecamatan," jelas Guruh.

Menurutnya, ada 1 pasien positif dinyatakan sembuh berinisial AN dari Kecamatan Pulau Laut Kepulauan. Dengan demikian, jumlah total pasien yang terkonfirmasi positif di kotabaru menjadi 22 orang.

"20 orang dalam pengawasan dan 2 orang dinyatakan sembuh," pungkas Guruh.[zainuddin]