Kesbangpol Balangan Kawal Pilkada 2020

PARINGIN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Balangan menggelar koordinasi dukungan kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Balangan tahun 2020, di aula Benteng Tundakan, Senin (14/9/2020).

Rapat dibuka oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Kabupaten Balangan, Hasmiati. Ia mengatakan, Pemilihan Umum (Pemilu), termasuk Pilkada merupakam sistem yang dianut dan disepakati dalam bentuk demokrasi.

"Pemilihan umum adalah salah satu implementasi dari sistem yang kita sepakati, yang kita anut, yaitu demokrasi," ungkapnya.

Hasmiati juga menyampaikan, dalam demokrasi mungkin saja membawa konflik. Namun yang harus disadari adalah kebhinekaan juga tersedia dalam bidang politik.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Balangan, Lokmanol Hakim berharap Pemilu tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada sengketa politik.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pemangku kepentingan, KPU, Bawaslu, TNI dan Polri dan pemangku kepentingan lainnya bersatu dalam mensukseskan pilkada 2020,” ujarnya.

Lokman menyampaikan koordinasi ini akan dilaksanakan setiap bulan sampai pelaksanaan Pilkada selesai, guna evaluasi pelaksanaannya.

Kabag OPS Polres Balangan, Indra Yuana menyampaikan, dari apa yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan selalu ada evaluasi. Bersama disepakati bahwa Pilkada ini Pilkada yang sehat.

"Sehat dalam artian pelaksanaan itu sendiri sesuai aturan, kemudian sehat perawatan dengan pencegahan Covid-19. Sehingga tidak menimbulkan klaster baru," katanya.

Guna keamanan dan pencegahan Covid-19 dalam penyelenggaraan Pilkada, penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak, harus dipatuhi semua pihak.[agus]

Posting Komentar

0 Komentar