Pengembangan SDM, BBPP Binuang Gelar Wisatani Pemangkasan Kakao

BINUANG - Dalam rangka mendukung program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian, baik penyuluh maupun petani, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) secara online dalam program Wisatani (Widyaiswara Sapa Kostratani).

Wisatani yang sudah menginjak sesi 24 kali ini mengambil tema Pemangkasan Kakao. Peserta yang bergabung mencapai 278 peserta berasal dari seluruh Indonesia, mulai Sabang sampai Papua, dengan metode online dengan aplikasi ZOOM. 

Bintek wisatani online ini dilaksanakan pada Rabu, 16 September 2020 dari pukul 09.30 sampai 11.30 Wita dan disiarkan secara langsung dari ruang Agriculture War Room (AOR) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si berpesan mengenai pentingnya pemangkasan tanaman Kakao untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas buah Kakao. 

Petani Kakao diharapkan untuk mempraktikkan pemangkasan Kakao dan jangan merasa jika tanaman Kakao berdaun lebat belum tentu hasil optimal, sehingga diperlukan pemangkasan sehingga produksi bisa meningkat.

Salah satu narasumber, Cecep Suhardedi SP M.Sc menerangkan, posisi strategis sektor pertanian yang tetap tumbuh, meskipun di masa pandemi. 

Salah satu sektor komoditas strategis perkebunan yang menjadi unggulan selain kelapa sawit dan karet adalah kakao dan Indonesia merupakan salah satu penghasil kakao terbesar di dunia. 

Sehingga perlu pengembangan terutama untuk meningkatkan produktivitas Kakao, salah satu caranya adalah dengan pemangkasan yang baik.

Sementara itu, Ir Marhenis Budi Santoso M.Si selaku narasumber menjelaskan, pemangkasan Kakao merupakan salah satu unsur penting dalam budidaya Kakao.

Selain itu, beliau juga menjelasakan mengenai macam pemangkasan Kakao mulai dari pemangkasan bentuk, pemeliharaan dan produksi dan juga diperlukan pemangkasan naungan sesuai dengan kondisi iklim di derah masing-masing.

"Sehingga diharapkan dengan menerapakan pemangkasan yang baik, produktivitas tanaman Kakao mampu ditingkatkan.[advertorial]

Penulis: Cecep

Posting Komentar

0 Komentar