Penyuluh Pertanian Tanbu Fasilitasi PLEK di wilayah IPDMIP

BATULICIN - Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) dilangsungkan Dinas Pertanian (Distan) Tanah Bumbu di BPP Batulicin, Senin (14/9/2020). Kegiatan ini digelar selama empat hari, mulai 14 hingga 17 September 2020. 

Tak kurang 20 orang Rumah Tangga Petani (RTP) serta 10 orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) mengikuti kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kasie Kelembagaan dan Ketenagaan, Aswanto S.Pi ini.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Distan Tanbu, Aswanto menyampaikan bahwa PLEK ini merupakan rangkaian dari kegiatan proyek Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP).

Pelatihan ini merupakan bagian dari penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah sasaran program. Pelatihan ini bertujuan membantu petani agar mau dan mampu membiasakan diri untuk selalu melakukan pencatatan keuangan usaha taninya dari perencanaan hingga realisasinya. 

“Dengan melakukan pencatatan kita dapat mengetahui apakah usaha tani yang kita laksanakan menguntungkan atau tidak," jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya pencatatan dapat menjadi sarana untuk evaluasi kegiatan usaha tani yang dijalankan. Sehingga kegiatan produksi pertanian dapat dilaksanakan dengan efisien, optimal dan berkelanjutan.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Penyuluh yang telah mengikuti PLEK di BBPP Binuang secara on line (E-Learning). Pada pelatihan ini, penyuluh memberikan materi berdasarkan modul yang sudah diterima saat mereka mengikuti pelatihan. 

Materi yang disampaikan seperti, 1; Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga, 2; Pengelolaan Keuangan Usahatani, dan 3; Pengetahuan tentang Produk dan Layanan Keuangan.

Dalam PLEK ini diberikan penekanan pada pembelajaran, pertama; merencanakan biaya yang diperlukan untuk kegiatan usaha tani pada beberapa komoditas yang berbeda.

Kedua; melakukan pengeluaran biaya pada setiap tahap kegiatan usaha tani, dan ketiga; membandingkan angka pada biaya yang dkeluarkan (direalisasikan) dengan yang direncanakan.

Seteleh mengikuti pelatihan diharapkan peserta dapat menerapkan dan menyampaikan hasil pelatihan kepada anggota kelompok maupun petani lainnya di tempatnya masing-masing.[advertorial]

Penulis: Adi, Afif

Posting Komentar

0 Komentar