600 Formasi Guru PPPK Diusulkan Pemkot Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan bakal membuka lowongan 1 juta untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khusus guru yang dimulai tahun depan.

Hal tersebut pun disambut gembira oleh Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin melalui Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota setempat, Sabirin Muhtar.

Ia menguraikan dengan dibukanya formasi PPPK itu merupakan salah satu solusi untuk mengisi kekurangan tenaga pendidik di Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah yang berjukuk Kota Cantik itu yang setiap tahun berkurang karena adanya yang pensiun.

"Pada tahap pertama kita bakal usulkan antara 500 hingga 600 formasi guru PPPK dan tahap berikutnya akan kita usulkan lagi," ungkapnya, Selasa (1/12/2020).

Dirinya mengaku hingga saat ini masih menunggu juknis dan juklas tentang pelaksanaan penerimaan guru PPPK, termasuk bagaimana sistem penggajiannya nanti seperti apa.

"Misalkan guru PPPK digaji oleh pusat, maka daerah enak, tapi kalau dibebankan oleh APBD, maka akan memberatkan pemerintah daerah," tandasnya.

Terpisah, salah satu warga, Ratna seorang jebolan sarjana pendidikan mengaku bahagia apabila perihal lowongan PPPK itu akan dimulai tahun depan.

"Saya merasa bahagia apabila lowongan yang membutuhkan tenaga pendidik ini dibuka, dan ini memberikan kesempatan untuk putra-putri daerah berkesempatan mengikutinya," tutupnya.[kenedy]