Lorong Wisata Kenangan, Destinasi Baru Kota Singkawang

SINGKAWANG - Kota Singkawang merupakan salah satu kota wisata yang ada di Kalimantan Barat. Kehadiran sejumlah taman bahkan jalan dalam gang, tampak menjadi tempat yang asik untuk berswa foto sekaligus bersantai bersama keluarga.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, Singkawang kini mempunyai tempat wisata yang unik terletak di Jalan Sejahtera di dalam gang yang terhubung menuju Jalan Pangeran Diponegoro.

"Seperti lorong yang ada di Jalan Sejahtera dan dinamakan Lorong Wisata Kenangan atau Singkawang Back to The Past," ujar 
Sumastro.

Menurutnya, Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Kota Singkawang terus berupaya membangun dan menata sudut jalan yang ada di Singkawang.

"Destinasi wisata baru ini baru ditata,” imbuhnya.

Pemerintah Kota Singkawang tidak hanya sibuk bekerja sendiri dalam program ini tanpa ada dukungan, partisipasi dan rasa memiliki oleh warga. 

Ke depan pihaknya akan terus membangun sebuah kelembagaan untuk tata serta mengelola kawasan Kota Pusaka Singkawang yang berbasis partisipasi warga.

“Nanti kita akan bentuk suatu kelembagaan atau Forum Kota Pusaka Singkawang yang di dalamnya akan dilibatkan semua stakeholder, dan yang peduli sebagai mitra kerja Pemerintah Kota Singkawang,” jelasnya.

Selain terdapat destinasi yang baru lain, seperti taman burung yang kini telah dipermak, dengan gemerlap cahaya lampu yang menerangi malam kota pariwisata ini.

"Lihat taman burung sekarang sudah dihias dengan cahaya lampu menerangi malam Kota Singkawang sebagai Kota pariwisata," pungkasnya.[martin]