Masa Pandemi, Kaum Ibu Berperan Tanggulangi Covid-19

KOTABARU - Protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 melengkapi peringatan Hari Ibu ke-92 tahun 2020 di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Selasa (22/12/2020).

Kegiatan bertema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju" ini digelar Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan yang dipimpin Ketua TP-PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar tampak berlangsung sederhana. Tampak hadir Asisten Administrasi Umum Setda Kotabaru Murdianto, Forkopimda, Ketua Tim DWP Kotabaru, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta anggota Organisasi Wanita.

Hj Fatma dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi perjuangan para perempuan di Kotabaru yang aktif dalam pergerakan sosial di masa pendemi Covid-19.

"Kita melihat para kaum ibu terus berjuang membantu menanggulangi penyebaran Covid-19," tuturnya.
 
Asisten Administrasi Umum Sekda Kotabaru Murdianto yang mewakili Bupati mengatakan, Pemkab Kotabaru turut mengapresiasi dengan peringatan Hari Ibu ke-92, di mana kaum ibu juga mengambil peran penting dalam memerangi Covid-19.

"Kaum ibu selalu mengingatkan 3 M bagi keluarga, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," jelasnya.

Murdianto juga menjelaskan, peran ibu dalam keluarga adalah mendidik yang paling utama bagi anak-anak. Ibu juga mempunyai peranan penting dalam mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan, terutama bagi keluarga.

Sebelum peringatan puncak Hari Ibu, Ketua Tim Penggerak PKK bersama rombongan melakukan anjangsana ke 3 tempat, yaitu Desa Sungai Taib, Desa Semayap dan Desa Batuah hingga diakhiri dengan ziarah ke Tempat Makam Pahlawan di Desa Stagen.[zainuddin]