Menuju Pemulihan Ekonomi, Pelaku Usaha Harus Sinergi dengan Pemerintah

PALANGKA RAYA - Peningkatan kerja sama, kolaborasi, dan sinergi antara pemerintah dan para pelaku usaha sangat penting. Terlebih dalam upaya bersama memulihkan perekonomian nasional yang melambat akibat pandemi Covid-19. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran melalui Asisten Nurul Edy saat Musyawarah Provinsi (Musprov) ke VII Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kalteng 2020 di Hotel Luwansa, Senin (14/12/2020).

"Mengingat Kadin sebagai organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia, maka Kadin bersama Pemerintah harus berjalan beriringan dalam penyelesaian masalah ekonomi," ungkapnya. 

Ia pun menilai, Musprov Kadin Kalteng ini merupakan wadah strategis untuk mengevaluasi kinerja atau program yang telah dilakukan, serta penyusunan program dengan kepengurusan baru. 

"Agar dalam penyusunan program lebih menitikberatkan pada permasalahan yang dihadapi oleh daerah maupun bangsa saat ini, terutama permasalahan di bidang ekonomi dan dunia usaha dalam menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

Untuk itu, Gubernur berharap Musprov Kadin Kalteng tahun 2020 ini dapat berjalan dengan tertib, aman, dan dapat menghasilkan berbagai keputusan yang terbaik, bukan hanya bagi keberlangsungan organisasi Kadin, tetapi juga bagi percepatan pembangunan dan perekonomian Indonesia pada umumnya dan Provinsi Kalteng pada khususnya.

"Apabila kita dapat jeli memaksimalkan peran dan potensi-potensi daerah, maka perekonomian nasional, khususnya Kalimantan Tengah, akan semakin kokoh. Hal tersebut juga diperkuat adanya Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate di Kalimantan Tengah. Tentunya ini akan menjadi pintu gerbang untuk kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di Kalteng," tegasnya.

"Saya mengajak rekan-rekan Kadin di seluruh Kabupaten/Kota se Kalteng untuk bekerja sama dan bersinergi dengan pemerintah daerah, sehingga pembangunan ekonomi di Kalteng dapat berjalan seiring dan seirama, untuk Kalteng yang maju, Indonesia bangkit," pungkasnya.

Sementara itu, Drs Barthel B Usin, Ketua Kadin Kalteng terpilih secara aklamasi mengatakan, untuk mewujudkan reputasi dan keberadaan KADIN sebagai induk organisasi dunia usaha terkhusus kemandirian dalam segala aspek institusi, keuangan, kepemimpinan, pelayanan masyarakat, dukungan politik dan kerja sama kemitraan dengan institusi dan daerah.

"Dalam mendukung pelaku ekonomi di Kalteng, KADIN akan menjadikan pelopor pembangunan ekonomi dan selalu bersinergi dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk menciptakan sebanyak-banyaknya tenaga siap pakai, serta terakhir mewadahi Kadin Kalteng bersama pengusaha kreatif menciptakan sebanyak-banyaknya inovasi dan teknologi siap pakai," tandasnya.[kenedy]