Momen Libur Nataru, BPBP Kotabaru Ingatkan Ini

KOTABARU - Waspada dan kehati-hatian terhadap kemungkinan musibah kembali diingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) sekaligus libur panjang akhir tahun 2020 ini.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru, H Rusian Ahmadi Jaya, Sabtu (26/12/2020) mengimbau masyarakat Kotabaru agar sebelum meninggalkan rumah, terutama yang ingin liburan untuk memastikan kondisi rumah aman.

"Pastikan kompor dalam keadaan aman atau mati, arus listrik pendek dalam keadaan aman, pintu dan jendela dipastikan terkunci dengan aman. Jangan lupa memberi tahu tetangga atau penjaga malam bahwa rumah anda dalam keadaan kosong," terang Rusian.

Menurut pria yang akrab disapa Haji Jaya ini, imbauan ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan saat meninggalkan rumah. 

"Salah satu musibah yang cukup sering terjadi adalah kebakaran atau kehilangan (kemalingan, red) yang terjadi saat penghuni rumah dalam keadaan kosong," jelasnya. 

Juga, lanjutnya, harus waspada terhadap cuaca ekstrem yang bisa mengakibatkan puting beliung, pohon tumbang dan ombak besar.[zainuddin]