Sukseskan Pilkada 2020, NPC Kalsel Ingatkan Atlet Pentingnya Prokes

BANJARBARU – Partisipasi menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang segera digelar 9 Desember 2020 ini juga ditunjukkan National Paralympic Committee (NPC) Kalimantan Selatan.

Untuk itu, program Pelatihan Provinsi (Pelatprov) Waja Sampai Kaputing diliburkan selama sepekan, tepatnya sejak 7 hingga 12 Desember 2020 mendatang.

Kebijakan ini diambil untuk memberikan kesempatan bagi para atlet maupun pelatih untuk menyalurkan aspirasi politiknya di daerah masing-masing. Apalagi paralimpian yang menjalani Pelatprov berasal dari 13 kabupaten/kota di Kalsel.

“Kami liburkan selama sepekan, mulai 7 Desember ini,” terang H Ahmad Firdaus, Ketua NPC Kalsel, Senin (7/12/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Daus ini, libur sepekan diambil agar para atlet dan pelatih lebih leluasa, mengingat di antara mereka ada yang pulang jauh ke hulu sungai dan Kotabaru.

“Setidaknya tak ada alasan untuk tidak memilih calon kepala daerah, baik di Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Bupati atau Walikota,” jelasnya.

Lantaran masih di masa pandemi Covid-19, Firdaus mengingat atlet, pelatih bahkan pengurus untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat menyalurkan aspirasi politiknya di daerah masing-masing.

“Kami ingatkan, jangan lupa untuk tetap memperhatikan anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” terangnya.

Apalagi, lanjut mantan perenang ini, saat Pilkada itu akan banyak warga yang berbaur. Tentunya harus disikapi dengan bijak dengan tetap memperhatikan atau menerapkan prokes.[anshari]