Tepis Isu sudah Tercoblos, KPU Tanbu Ajak Wakil Paslon Cek Surat Suara

BATULICIN - Isu surat suara sudah tercoblos di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu (Tanbu) yang berada di Desa Kersik Putih, Kecamatan Batulicin, beredar di media sosial.

Untuk menepis isu itu, KPU Tanbu mengajak perwakilan pasangan calon (paslon) Bupati - Wakil Bupati Tanbu nomor urut 1, 2 dan 3 untuk mencek langsung surat suara ke gudang logistik KPU Tanbu, Kamis (3/12/2020).

Ketiga perwakilan paslon diminta mengambil sendiri surat suara yang berada di dalam kotak suara. Pengambilan surat suara ini turut disaksikan Kapolres Tanbu, AKBP Himawan Sutanto sekaligus Ketua KPU Tanbu Makhruri bersama anggota Bawaslu Tanbu.

Dadang, perwakilan paslon nomor 2 mengaku sangat mengapresiasi KPU Tanbu dalam hal transparansi sebagai bukti penyelenggaraan Pilkada 2020 di Bumi Bersujud berjalan dengan baik. 

Senada, Ardiansyah, perwakilan paslon nomor 3 juga menyebut semua surat suara aman. Apalagi saat pengambilan pihaknya diminta memilih secara acak dan mengambil surat suara untuk dicek apakah tercoblos atau tidak dan semua aman.

"Terima kasih kepada KPU Tanbu dan Bawaslu serta Pak Kapolres untuk membawa kami, memastikan secara acak apakah, surat suara itu tercoblos atau rusak. Jadi dengan fakta yang ada, kami memastikan tidak ada istilah surat suara tercoblos," bebernya.

Pun demikian dengan Yuyu Indah, perwakilan paslon nomor 1. Ia menyebut pengecekan surat suara yang sempat diisukan ada yang tercoblos, tidak terbukti.

"Mudah-mudahan surat suara ini bisa terjaga hingga terlaksananya pencoblosan nanti," harap Yuyu.

Sementara itu, Ketua KPU Tanbu, Makhruri mengatakan, beredarnya isu di media sosial maupun di luar, terkait kekhawatiran masyarakat tentang tercoblosnya surat suara, tidak terbukti.

"Jadi setelah ini, kita akan jaga. Nanti pada tanggal 4 kami lakukan penyegelan, tanggal 5 kami siapkan armada, tanggal 6 kita kirim ke Kecamatan Kusan Hulu, tanggal 7 kita kirim semua. Itu nantinya Bawaslu melalui perangkatnya sampai di desa akan mengawasi itu," paparnya.

Terkait keamanan, Makhruri menyebut jika Kapolres sudah menjamin aman sampai ke tingkat bawah. 

"Kalau pun misalkan ada orang-orang mau menyabotase surat suara dan lain-lain, saya siap untuk melaporkan secara pidana," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto Saragih mengimbau masyarakat agar menjaga dan mengawal Pilkada ini bisa berjalan aman, lancar dan damai.

"Saya selaku Kapolres bersama jajaran Kodim Tanah Bumbu, menjamin keamanan Pilkada 2020 berjalan aman dan damai serta lancar," tutupnya.[joni]