Warga Perdana Mandiri Antusias Ikuti Pencoblosan, PTPS Imbau Pemilih Taati Prokes

BANJARMASIN - Penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat diberlakukan di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS). Satu di antaranya di TPS 31 Kelurahan Sungai Andai Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (9/12/2020).

Setiap warga berstatus pemilih yang datang harus mengantre di tempat duduk yang telah disediakan KPPS secara berjarak. Mereka juga diberikan sarung tangan plastik.

Pemilih yang kemudian dipanggil untuk mengambil surat suara diperiksa suhu tubuh dengan thermogun oleh petugas. Usai mencoblos di bilik suara, pemilih kemudian diminta untuk mencuci tangan di tempat yang telah disediakan panitia.

"Saya tak masalah dengan pemberlakuan protokol kesehatan di TPS. Justru bagus untuk mencegah terpapar dari virus Corona," tutur Iqbal usai memilih di TPS 31 yang berada di Komplek Perdana Mandiri ini.

Sementara itu, Pengawas TPS dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin, Syaifullah mengatakan, penerapan protokol kesehatan tentu menjadi prioritas di hari pencoblosan ini. 

"Apalagi saat ini kita masih berada di masa pandemi Covid-19. Tentu semua harus disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak," terang pria yang akrab disapa Iful ini.

Sehari sebelum pencoblosan, lanjut Syaifullah, dirinya juga melakukan pemantauan sekaligus imbauan kepada warga pemilih untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

"Semoga dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan ini semua warga pemilih di sini terhindar dari virus Corona, dan tentunya kita berharap Pilkada ini lancar dan sukses," pungkasnya.[anshari]