Penguasaan Materi, Peserta Pelatihan Lakukan Praktik Lapang

BINUANG - Untuk lebih memantapkan penguasaan materi yang telah diberikan selama di kelas, peserta Pelatihan Teknis Multimedia Bagi P4S dan Pelatihan Teknis Metodologi Penyuluhan Bagi Penyuluh Swadaya melakukan praktik lapang ke P4S. 
   
Peserta pelatihan yang merupakan instruktur dari P4S dan penyuluh swadaya dibagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari instruktur P4S dan penyuluh swadaya. 

Salah satu kelompok diberikan kesempatan untuk praktik lapang ke P4S Bina Budi Petani yang berlokasi di Desa Padang Panjang, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar. 

Selama dua hari efektif, 22 hingga 23 Januari 2021, peserta dari dua pelatihan berkolaborasi dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh fasilitator.  

Peserta Penyuluh Swadaya mampu menyusun Lembar Persiapan Menyuluh (LPM) dan membuat skrip untuk pembuatan video tutorial.  

Sedangkan instruktur P4S berdasarkan LPM dan skrip yang dibuat oleh peserta Penyuluh Swadaya dapat menyusunnya menjadi media pembelajaran dalam bentuk power point dan video tutorial. 

Materi pembelajaran yang dibuat peserta ada dua judul materi, yaitu Teknik Pembenihan Papuyu (betok) dan Budidaya Pembesaran Patin. 

Judul materi ini dipilih karena bisnis utama P4S Bina Budi Petani yang dipimpin oleh Darwadi, menjalankan bisnis bidang hortikultura, pembenihan ikan (papuyu, nila, koi dan gurame) dan pembesaran ikan patin. 

Darwadi mengaku senang, karena P4S-nya dapat dikunjungi dan menjadi tempat praktik bagi teman-teman P4S dan penyuluh swadaya dari seluruh Kalimantan.

”Dengan kehadiran peserta ini akan menambah mitra dan memperluas jejaring kerja, terutama dalam pengembangan pemasaran. Selain itu dapat saling tukar informasi   pengetahuan dan keterampilan inovasi teknologi yang dimiliki oleh peserta,“ ujar Darwadi saat menerima peserta.  

Dalam praktik pembuatan LPM, skrip, bahan tayang (power point) dan video tutorial  peserta dibimbing oleh widyaiswara BBPP Binuang, Adi Widiyanto SP MP dan Retno Hermawan SP M.Si.  

Kegiatan praktik lapang diakhiri dengan pemaparan atau presentasi  materi pembelajaran yang telah dibuat pada ajang Wisatani Sesi 42.[advertorial]

Posting Komentar

0 Komentar