Stabilkan Harga, DKP Balangan Sosialisasi PUPM

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) di Desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan ini dihadiri DKP Kalimantan Selatan, Penyuluh Pertanian Kecamatan Halong dan Juai serta Kelompok PUPM Kecamatan Halong dan Juai.

Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Mahrita S.Pt MP mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar harga di pasaran tetap stabil dan tidak ada permainan yang dilakukan oknum pedagang. Ini untuk menjadikan harga tetap terjangkau.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan harga di pasaran tidak bisa dipermainkan oleh pedagang, di mana harga terjangkau untuk masyarakat," tuturnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di 4 kecamatan di Balangan, yakni Juai, Halong, Batumandi dan Paringin Selatan.

Menurut Mahrita, anggaran yang disediakan untuk setiap kelompok PUPM sebesar Rp25 juta dengan target pencapaian 15 ton tiap kelompoknya. Tanaman yang diprioritaskan adalah cabe.

"Ini agar bisa memudahkan kelompok dalam proses angkut, cabut dan proses lainnya," imbuhnya.

Mahrita berharap ke depan kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dengan program PUPM bisa menjadikan para kelompok menjadi penyedia, khususnya di tanaman cabe.[martino]

Posting Komentar

0 Komentar