Cari Masakan Banjar di Jogja dan Jateng? Ini Tempatnya

Cari Masakan Banjar di Jogja dan Jateng? Ini Tempatnya

Sebuah acara ulang tahun di Rumah Banjar Garden Resto, di Surakarta, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan restoran khas Banjar terbesar yang ada di Jawa Tengah. | Foto: Rifai

YOGYAKARTA - Soto Banjar, nasi kuning dan ketupat Kandangan, dikenal sebagai kekayaan kuliner Kalimantan Selatan. Tapi untuk menikmati sajian itu, tak harus jauh-jauh datang ke Kalimantan.

Aneka masakan yang menjadi identitas Suku Banjar itu, bisa juga dijumpai di sejumlah tempat di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Jawa Tengah. Mulai dari warung sederhana, hingga resto berkelas.

Berikut adalah warung dan restoran yang menyediakan kuliner Banjar di provinsi DIY:

Soto Banjar Pengasih
Jl Dipoyono No 1, Dayakan Pengasih, Kulon Progo.

Soto Banjar "Bujuran"
Jl Palagan Tentara Pelajar No 21, Mudal Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Kindai Warung Banjar
Jl Jembatan Merah No 116 D, Kaliwaru Condongcatur, Sleman.

Soto Banjar Kotabaru
Jl Abubakar Ali, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Soto Banjar Hj Umi
Jl Jend. Soedirman No 5, Gowongan, Kota Yogyakarta.

Dapur Banjar
Jl Glagahsari No 56, Warungboto, Kota Yogyakarta.

Warung Dede Khas Banjar
Jl Prof Dr Soepomo No 102, Warungboto, Kota Yogyakarta.

Soto Banjar Hj Sjariamah
Jl Raya Kadisoka, Bromonilan, Purwomartani, Sleman.

Sebenarnya, ada lagi warung-warung di Yogyakarta yang menyediakan soto Banjar, serta masakan khas Kalimantan Selatan lainnya. Namun sayang, tempat-tempat makan itu terpaksa tutup permanen akibat pandemi Covid-19.

Ada juga sebuah warung Banjar bernama "Harat Banar". Tapi yang satu ini kadang membuat bingung pelanggan, karena beberapa kali berpindah tempat.

Semula, warung "Harat Banar" beralamat di Jl Gedongkuning No 139, Kotagede. Kemudian ia pindah ke lokasi lain. Terakhir, "Harat Banar" diketahui berada di Jl Miliran No 11, Semaki, Umbulharjo. Warung ini menjadi satu dengan sebuah kafe bernama "Volks".

Di Jawa Tengah, masakan khas Banjar dapat dijumpai, antara lain di Solo/Surakarta, Semarang, hingga Purwokerto/Banyumas. 

Di Solo, sebuah restoran bernama Rumah Banjar Garden, barangkali menjadi rumah makan Banjar terbesar yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Restoran ini berada di Jl Basuki Rahmat No 54, Laweyan. Rumah Banjar Garden bukan hanya tempat makan biasa. Restoran ini kerap dipakai untuk acara pertemuan dan resepsi pernikahan. 

Di Semarang, ibukota Jawa Tengah, sajian khas Banjar antara lain berada di:

Kedai Ratna
Ruko Bukit Kencana Jaya AD No 7, Meteseh, Tembalang, Semarang.

Soto Banjar Karangroto
Jl Karangroto Raya RT 09 RW 03, Karangroto, Genuk, Semarang.

Soto Banjar & Nasi Kuning HQQ
Jl Sukun Raya No 42, Srondol Wetan, Semarang.

Sebenarnya, di Semarang pernah ada warung Soto Banjar yang bisa dibilang legendaris. Namanya "Banyaman". 

Sayang sekali, warung yang berdiri sejak 2007 ini sudah tutup mulai Juni 2019. Warung Banyaman terakhir kali buka di sebuah ruko di Jl Parang Barong Raya, Tlogosari. 

Tutupnya warung Banyaman di Semarang, membuat pecinta soto Banjar kecewa. Yang bikin miris, warung legendaris itu dikabarkan tutup karena merugi. 

Padahal, ketika dulu warung Banyaman masih berupa warung tenda, nyaris tak pernah sepi pembeli. Lebih sering terlihat ramai dan penuh antrian.

Saat ini, pemilik warung Banyaman, H Syarif Sulaeman Mar'i, dikabarkan sudah pulang ke Kalimantan. Ia dan istrinya memulai usaha dari awal lagi di Banjarbaru.

Selain di Surakarta dan Semarang, soto Banjar dan nasi kuning juga dapat dijumpai di daerah Kabupaten Banyumas dan Magelang.

Di Banyumas, namanya Warung Soto Banjarmasin "Sanahe". Alamatnya di Perumahan Griya Satria, Jl Safir Blok P17, Sumampir, Purwokerto. Tempat ini tak terlalu jauh dari kampus Universitas Jenderal Soedirman.

Sedangkan di Magelang, warung soto Banjar justru "nylempit" di tengah kampung, bukan di pinggir jalan. Tepatnya di Dusun Ngasem, Gunungpring, Muntilan. Tapi dengan fasilitas Google Map, tidak sulit untuk menemukan lokasi warung Banjar yang satu ini.[sahrudin]

Lebih baru Lebih lama