Jalan Poros Menuju Food Estate Saka Lagun Butuh Perhatian

KUALA KAPUAS - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Rahmad Jainudin, Senin (1/3/2021) menyampaikan, warga 
Desa Saka Lagun di Kecamatan Pulau Petak, saat ini mendambakan perhatian pemerintah.

Mereka ingin pemerintah memperbaiki jalan poros yang berlokasi di Saka Lagun Dalam, Desa Saka Lagun, mengingat kondisi jalan tersebut kini
mengalami kerusakan sangat serius dan perlu penanganan.

Selama ini, karena akses jalan yang rusak membuat para petani setempat mengalami kendala dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunan, padahal jalan poros desa itu sekaligus juga menjadi jalan satu-satunya menuju lokasi lahan program ketahanan pangan nasional Food Estate.

"Kemarin kami diundang masyarakat disana, mendengarkan aspirasi warga sekaligus melihat langsung lokasi jalan poros desa tersebut," kata Rahmad.

Dari penuturan warga, lanjut Ketua Komisi III DPRD Kapuas ini, terlebih pada saat musim penghujan tiba akses jalan semakin sulit untuk dilewati.

"Upaya mengatasi itu sementara ini warga secara swadaya bergotong-royong memperbaiki kerusakan jalan," ungkapnya.

Atas kondisi itu, wakil rakyat dari Partai Golkar tersebut telah berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Kita harapkan perbaikan infrastruktur jalan tersebut dapat direalisasikan," tandasnya.

Sebab, jalan poros tersebut adalah sarana pendukung arus transportasi warga mengangkut hasil pertanian dan perkebunan yang merupakan penyangga ekonomi.

Terpisah, Kepala Desa Saka Lagun Julkipli menuturkan jalan poros desa yang mengalami kerusakan sangat parah sekitar 1 kilometer dengan lebar jalan sekitar 8 meter. Jalan tersebut setelah puluhan tahun pernah disemenisasi kini kondisinya mengalami kerusakan.

"Jalan poros tersebut menuju RT. 6 dan RT 7 dan terdapat sekitar 300 Kepala Keluarga di sana," kata Julkipli.

Menurutnya, pada sisi kiri kanan poros jalan merupakan lokasi lahan perkebunan dan lahan pertanian yang masuk kawasan program food estate, selain sebagai jalan poros desa, jalan tersebut adalah penghubung menuju Kecamatan Wana Raya, Kabupaten Batola, Kalsel.[zulkifli]

Posting Komentar

0 Komentar