Sukseskan Gratieks, Poktan Anugrah Alam Lagai Kembangkan Porang

TAMIANG LAYANG - Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah berkunjung ke lokasi pengembangan komoditas porang  di Kelompok Tani (Poktan) Anugerah Alam Lagai Desa Balawa, tepatnya di RT 2 Kecamatan Paju Epat, Sabtu (20/3/2021).

Tanaman porang dengan nama latin Amorphophallus onchophyllus merupakan tanaman umbi yang akhir-akhir ini menjadi primadona. Tidak hanya di pulau Jawa dan Sulawesi, sekarang sudah mewabah sampai di Pulau Kalimantan. 

Tanaman yang jika sepintas terlihat umbinya kurang menarik ini sendiri menyimpan banyak manfaat. Selain sebagai bahan makanan yang sangat baik bagi anda yang menjaga berat badan dan penampilan, ternyata umbi porang ini juga bisa digunakan di industri pertambangan.

Di industri pertambangan bisanya digunakan sebagai pengikat partikel di batu bara, bahan perekat, industri kosmetik sebagai penghalus kulit dan masih banyak lagi manfaat lainnya sehingga banyak diminati di Luar Negeri.

Adalah Eben Heizar Tefbana yang menjadi motor lokomotif dan terus mendorong pengembangan porang di Kecamatan Paju Epat.

Kunjungan BPP Paju Epat sendiri terkait dengan pengembangan porang sebagai tanaman sela di perkebunan kelapa sawit dan karet.

"Semoga dengan adanya pertemuan ini, pertanaman porang bisa meningkat menuju Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) di wilayah binaan BPP Paju Epat," tuturnya.[rilis]