Pengendalian Transportasi Jelang Idul Fitri, Feri Penyeberangan di Kapuas Dilakukan Pemeriksaan

Pengendalian Transportasi Jelang Idul Fitri, Feri Penyeberangan di Kapuas Dilakukan Pemeriksaan

KUALA KAPUAS, MK - Personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas bersama Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Kabupaten Kapuas pemeriksaan sejumlah kapal Feri penyeberangan sekaligus menyampaikan sosialisasi sebagai 
persiapan menjelang tibanya Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Sosialisasi dan pengecekan dilakukan di sejumlah kapal feri penyeberangan yang berlokasi di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, Rabu (28/4/2021).

Giat dipimpin Kasat Polairud Polres Kapuas, AKP Waryono didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kapuas, Vitrianson S.Sos MA, Kabid Sarana dan Keselamatan Dishub Kapuas Siter Dandan S.Kep beserta jajaran Polairud dan Dishub Kapuas.

"Kegiatan tersebut guna memastikan bahwa sudah dilaksanakannya protokol kesehatan sesuai anjuran satgas pencegahan Covid-19," kata Kepala Dishub Kapuas, Vitrianson.

Hal itu, kata dia, sebagai tindak lanjut 
Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Juga Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah No. 443.1/40/Satgas Covid-19 Tanggal 13 April 2021 tentang Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dalam Pandemi Covid-19.

"Jadi kami melaksanakan sosialisasi dan pemeriksaan kapal feri penyeberangan yang ada di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, untuk mencegah terjadinya penambahan Covid-19 menjelang Lebaran Tahun 2021 ini," terangnya.

Kepada petugas dan pengguna feri pihaknya menyampaikan imbauan 
agar disiplin menerapkan protokol  kesehatan, mengutamakan keselamatan.

Kapal feri penyeberangan yang beroperasi diminta tidak membawa penumpang atau barang melebihi kapasitas.

Kapal feri agar menyediakan alat keselamatan serta memperhatikan kondisi cuaca saat melakukan pelayaran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat tetap patuhi prokes yang di anjurkan oleh pemerintah, mengutamakan keselamatan, serta bagi orang tua yang membawa anak-anak kecil di dalam kapal feri penyeberangan agar tetap menjaga dan mengawasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama