Walikota Magelang: Data Kemiskinan Harus Diperbarui Setiap Bulan

Walikota Magelang, Jawa Tengah, dr H Muchammad Nur Aziz, Sp.Pd  dalam acara tatap muka dengan para awak media, Kamis (1/4/2021). | Foto: Humas Pemkot Magelang.

MAGELANG - Walikota Magelang, Jawa Tengah dr H Muchammad Nur Aziz, Sp. Pd meminta agar data terkait angka kemiskinan di Kota Magelang diperbarui setiap bulan. Permintaan itu secara khusus ia sampaikan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. 

"Jangan sampai hanya setahun sekali, apalagi sampai lima tahun", terang Nur Aziz, dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Magelang, kemarin.

Dokter spesialis penyakit dalam ini menjelaskan, data yang valid mutlak diperlukan sebagai landasan dalam menyusun dan menjalankan kebijakan pengurangan angka kemiskinan.

"Ekonomi masyarakat itu sangat dinamis. Jangan terlalu lama data-data ini dijadikan acuan. Harus yang terbaru dan ter-update", tegas pria kelahiran 24 November 1971 ini.

Saat ini, warga Kota Magelang yang masih berada dibawah garis kemiskinan tercatat sebanyak 9.270, dari total jumlah penduduk sekitar 130 ribu jiwa.

Menurut dia, strategi awal untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya berawal dari keabsahan dan kevalidan data.[sahrudin]