BBPP Binuang Bekali Mahasiswa Magang Uniska dengan Literasi Alsintan

BBPP Binuang Bekali Mahasiswa Magang Uniska dengan Literasi Alsintan

MERDEKA belajar adalah memberi kebebasan dan otonomi kepada  lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi vang berbelit serta mahasiswa diberikan  kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai. 

Menurut Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. 

"Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil," tuturnya.
 
Uniska bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang untuk mengaktualisasikan program Kampus Merdeka tersebut. Uniska memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk belajar banyak hal khususnya bidang program studi yang diikutinya. 

Adapun program studi yang dikerjasamakan dengan BBPP Binuang adalah Program Studi Peternakan dan Agribisnis. 

Selain program studi utama tersebut, BBPP Binuang memberikan tambahan pengalaman kepada mahasiswa berupa pengalaman-pengalaman di luar program studi yang mereka pilih, salah satunya adalah “Pengelolaan Alsintan” di bawah komando divisi alsintan di BBPP Binuang. 
 
Selama 7 hari mahasiswa diberikan kesempatan untuk menambah pengalamannya tentang Alsintan, dari pengenalan, cara pengoperasikan hingga teknik pengelolaan dan pelayanan bisnis jasa Alsintan yang sering disebut UPJA. 

Selama kegiatan tersebut, mahasiswa didampingi oleh Soleh Wahyudi, salah seorang Widyaiswara yang kompeten memberikan pengalaman tentang Alsintan.

"Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di Divisi Alsintan ini, paling tidak mahasiswa memahami peran penting alsintan dalam upaya mendukung peningkatan produksi, utamanya efisiensi dalam proses produksinya,” jelas Soleh.

Selain itu, lanjutnya, juga mendorong kepada pemuda agar memiliki minat untuk berkecimpung di dunia pertanian.

Kegiatan pembelajaran di Divisi Alsintan yang diikuti 5 mahasiswa ini langsung dilaksanakan di ruang Bengkel Alsintan. 

Kegiatannya melipuiti pengenalan Organisasi Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), pengenalan Alsintan, pengelolaan dan pengoperasian Alsintan hingga pada perencanaan Bisnis Alsintan, dengan metode praktik langsung.[rilis]


Lebih baru Lebih lama