Lagi, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Manajerial BPP Kostratani Tanjung

Lagi, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Manajerial BPP Kostratani Tanjung

DALAM rangka memperkuat peran dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai Komando Strategi Pembangunan Pertanian Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) menggelar pelatihan manajerial Kostratani di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pelatihan yang dipusatkan di BPP Kecamatan Pelaihari ini diikuti sebanyak 30 orang, berasal dari Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara dan Barito Timur, peserta merupakan Koordinator BPP Kecamatan.

Pelatihan manajerial BPP Kostratani dilaksakanan selama 3 hari tepatnya sebanyak 24 Jam pelajaran, mulai 22 hingga 24 Juni 2021. 

Pelatihan ini membahas peran BPP Kostratani dalam pembangunan pertanian, materi-materi tersebut di antaranya; Mengelola Data dan Informasi Pertanian di Kecamatan, Melakukan Pendampingan Gerakan Pembangunan Pertanian, Mengelola Pembelajaran dan Konsultasi Agribisnis di BPP dan Merencanakan Jejaring Kemitraan. 

Pelatihan dibuka oleh Kurdiansyah, mewakili Kepala Dinas pertanian Kabupaten Tabalong. 

Dalam pengarahannya Ia menyampaikan agar seluruh BPP di wilayah kabupaten Tanah Laut harus memulai untuk kembali mengaktifkan peran BPP, di antaranya sebagai pusat data, pusat pembelajaran, pusat konsultasi pusat pembangunan pertanian. 

Selain itu, Kurdiansyah juga menyampaikan beberapa kendala yang sering dihadapi BPP dalam menjalankan peran dan fungsinya, di antaranya kurangnya jumlah personel penyuluh di lapangan, sehingga seringkali penyuluh bekerja ekstra untuk mengakomodir desa WKPP yang lebih dari satu.

"Saya berpesan agar semua BPP nantinya kembali mengaktifkan peran BPP, seperti pusat data, pusat Konsultasi serta pusat pembelajaran, sehingga BPP benar-benar berperan dalam pembangunan pertanian,” ujar Kurdiansyah.

Khusus pada materi; Merencanakan Jejaring dan Kemitraan, peserta dibimbing untuk melakukan kunjungan ke perusahaan penampung hasil pertanian di wilayah Kabupaten Tabalong, yaitu PT. Tanjung Jaya Persada, di bawah Perusaan Umum Daerah (Perumda). 

Dalam Kegiatan ini, turut hadir Direktur Utama PT Tanjung Jaya Persada, serta Kepala Bidang Hortikultura, Muhammad Abduh SP MMA, mewakili Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong.

"Kami sangat berterimakasih atas terselenggaranya pelatihan ini, karena Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang telah mengakomodir, termasuk sosialisasi bagaimana peran BPP Kostratani harus berjalan," jelasnya Abduh, dalam sambutannya pada kunjungan ke PT. Tanjung Jaya Persada.

Sehingga, lanjutnya, mengingatkan kembali kepada penyuluh di wilayah Kabupaten Tabalong dan kabupaten lainnya, untuk kembali bersemangat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya serta dukungan kepada Kostratani.[rilis]


Lebih baru Lebih lama