Pertemuan Evaluasi Pelatihan Mendukung Food Estate

Pertemuan Evaluasi Pelatihan Mendukung Food Estate

PUSAT Pelatihan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menyelenggarakan Pertemuan Evaluasi Pelatihan Mendukung Program Food Estate di Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin. 

Pertemuan dihadiri oleh Kepala UPT Pusat Pelatihan Pertanian, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas dan Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau.

Pertemuan dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Dr Ir Leli Nuryati M.Sc. Dalam pembukaan tersebut, Kapuslatan memberikan arahan bahwa pelatihan mendukung Food Estate dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, terbentuknya kelembagaan petani, dan penerapan pengetahuan dan ketrampilan oleh petani.

Tidak hanya itu, keberlanjutan program ditentukan oleh adanya pendampingan dan pengawalan hasil pelatihan. Dalam hal pembentukan korporasi, masih perlu adanya kejelasan konsep.

Selain itu, kegiatan Food Estate harus betul-betul terkoordinasi antara semua yang terlibat.

Selanjutnya dilakukan pemaparan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas yang disampaikan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan. Dalam pemaparan tersebut, disampaikan mengenai progres pelaksanaan program dan hasil dari pelaksanaan program. 

Dari program tersebut terdapat peningkatan luas tanam dan juga peningkatan Indeks Pertanaman (IP) IP 200 yang sebelumnya  sebanyak 16,73 persen menjadi 37,6 persen.

Kemudian dipaparkan juga dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan yang disampaikan oleh Kepala Bidang PSP, Koordinator Penyuluh, dan Kepala Bidang Tanaman Pangan.

Dalam paparannya, masih terdapat wilayah yang terkendala pegembangannya, yaitu Dadahup.

Pada awalnya wilayah ini tidak diusulkan dalam program Food Estate. Dalam perkembangannya, wilayah ini masuk dalam program. Dengan masuknya Dadahup dalam program, perlu penanganan yang lebih, mengingat kondisi wilayah yang terkendala dalam pengaturan air.

Dari segi peningkatan SDM, pelatihan telah dilaksanakan di wilayah Food Estate sesuai dengan perkembangan kebutuhan setempat. Hal yang masih diperkuat yaitu mengenai Peningkatan kualitas hasil melalui penanganan pasca panen dan pengelolaan RMP.

Selanjutnya dipaparkan juga dukungan pelatihan di kawasan Food Estate di provinsi lainnya oleh UPT Pusat Pelatihan Pertanian.[rilis]


Lebih baru Lebih lama