Bupati Kapuas Hadiri Panen Raya di Desa Lupak Timur

KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat SH MH menghadiri panen raya padi di Sekonder Sembilan Kanan Desa Lupak Timur, Kecamatan Kapuas Kuala, Selasa (13/7/2021).

Panen raya tersebut dilakukan bersama unsur Forkopimda setempat, sebagai penanda panen di seluruh Gapoktan yang ada di Kecamatan Kapuas Kuala, 

Adapun jumlah luas lahan pertanian padi di Kecamatan tersebut adalah 34.808 hektare dengan realisasi tanam untuk 2021 sebanyak 11.194 hektare, produksi rata-rata panen untuk padi lokal 3,1 ton per hektare dan padi unggul 4 ton per hektare.

Bupati Ben dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya kepada masyarakat Kecamatan Kapuas Kuala khususnya Desa Lupak Timur yang dimana petaninya telah berhasil menanam padi dimasa-masa sekarang, sehingga dapat dipanen dengan sempurna.

“Panen raya ini dilakukan sebagai pemacu semangat para petani yang ada di Kabupaten Kapuas untuk terus mempertahankan Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi Kalimantan Tengah,
tentunya tidak hanya lumbung padi tapi juga kita harapkan sebagai lumbung untuk sektor pertanian, perikanan dan lainnya,” papar Ben Brahim.

Ke depan, lanjutnya, pertanian adalah tulang punggung untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

“Kita akan terus mendorong usaha pertanian di Kabupaten Kapuas dan kita harapkan pemerintah pusat untuk memberikan dukungan terutama untuk Alsintan atau alat-alat pertanian agar panen tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi memakai mesin,” ujarnya.

Sementara, Ary Egahni yang juga anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas khususnya Kecamatan Kapuas Kuala dan Desa Lupak Timur 

Sebab, menurutnya, masyarakat telah menyatakan diri mampu menoreh sejarah untuk merasakan menjadi tonggak penyangga ketahanan pangan di Kabupaten Kapuas.

“Saya menyampaikan terima kasih atas terlaksananya panen raya ini, semoga dengan ini semua masyarakat bisa semakin semangat dalam meningkatkan kualitas pertanian, perikanan dan juga perkebunan untuk membangun daerah disektor tersebut,” terang Ary Egahni.

Dalam laporannya Camat Kapuas Kuala, Inop atas nama seluruh masyarakat Kapuas Kuala menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Kapuas beserta jajaran dan Unsur FKPD Kapuas yang telah berkenan melaksanakan panen raya di Desa Lupak timur.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi jajaran Pemerintah Kecamatan Kapuas Kuala dalam meningkatkan pembangunan khususnya dibidang pertanian, perikanan dan perkebunan,” kata Inop.

Camat Kapuas Kuala juga menyampaikan lahan pertanian di Desa Lupak Timur adalah 1.500 hektare, realisasi tanam untuk tahun 2021 sebanyak 1.006 hektare, sekitar 494 hektare adalah termasuk wilayah pekarangan.[adv]


Posting Komentar

0 Komentar