Praktik Kerja Industri, BBPP Binuang Bekali Siswa Magang dengan Keterampilan

SEJAK diserahkannya 6 siswa SMKN 1 Tapin Selatan untuk melakukan Praktik Kerja Industri di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang pada 5 Juli 2021, telah cukup aktif melakukan kegiatan-kegiatan budidaya tanaman pangan dan hortikultura. 

Belum genap 1 bulan berada di kampus BBPP Binuang, mereka telah mendapatkan beberapa pembekalan melalui kegiatan praktik kerja budidaya beberapa jenis tanaman. Saat ini mereka telah melaksanakan budidaya tanaman bawang merah dan jagung manis. 

Mereka diberikan pembekalan berupa pengetahuan dan keterampilan melakukan budidaya bawang merah dan menanam jagung manis.

Kegiatan dimulai dari penyiapan lahan, penyiapan benih penanaman dan saat ini pada tahap pemeliharaan.

Dengan dibimbing oleh Widyaiswara dan didampingi secara kontinyu oleh tenaga lapangan, peserta magang praktik kerja industri dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam kondisi yang nyata di lapangan.

“Selama di BBPP Binuang, kami akan menggembleng anak-anak ini dengan langsung melakukan praktik setiap tahapan budidaya tanaman, baik tanaman pangan maupun hortikulura. Setidaknya mereka akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga nantinya ketika telah lulus dan memasuki dunia kerja,” kata Adi Widiyanto selaku Widyaiswara. 
 
Program Praktik Kerja Industri atau dengan istilah lainnya adalah magang dilakukan di berbagai instansi pemerintah dan swasta. Tujuan praktik kerja industri di antaranya adalah mengaktualisasikan model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), antara SMK dan Institusi Pasangan Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) yang memadukan secara sistematis dan sistemik program Pendidikan di SMK dan program latihan penguasaan keahlian di dunia usaha.

Siswa peserta akan mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri selama 5 bulan, mulai 5 Juli sampai dengan 5 November 2021.

Selama pelaksanaan prakerin, siswa-siswi yang bertugas di berbagai instansi berkewajiban untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah disepakati.

Juga mematuhi setiap instruksi di tempat kerja, menjaga nama baik lembaga pendidikan (almamater), dunia usaha dan dunia industri, melakukan observasi dan penelitian yang mempunyai tujuan positif.

Serta bertanya kepada pihak yang berkompeten apabila kurang paham/dimengerti.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar