75 Penyuluh Kalimantan Ikuti Sertifikasi Kompetensi

MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) membuka acara sertifikasi kompetensi penyuluh THL-TBPP Tahun 2021. Kegiatan tersebut diadakan di kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, Senin (2/8/2021) siang. 

Acara berlangsung secara daring. Kegiatan pembukaan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh THL-TBPP Tahun 2021 dihadiri oleh Mentan Syahrul, Sekjen Kementan Momon Rusmono, Kepala BPPSDMP Prof Dedy, dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Mentan SYL mengatakan, bertani itu hebat dan keren. "Menjadi penyuluh pertanian, menjadi menteri pertanian itu sesuatu yang hebat. Bertani itu hebat menjadi petani itu keren," ujarnya. 

"Allah subhanahu wata'ala memfasilitasi kita, matahari bersinar tidak pernah putus dengan terik yang suhunya bisa mengundang air di manapun," ucap dia. 

Oleh karena itu, lanjutnya, tidak ada pertanian yang gagal. Ia berharap para penyuluh pertanian dapat mejadi lebih baik dan hebat di mata tuhan, negara dan kehidupan. 

Selaras dengan hal tersebut, BBPP Binuang selaku UPT BPPSDMP Kementerian Pertanian dengan wilayah binaan 5 Provinsi di Kalimantan mengikuti acara pembukaan ini yang dilakukan dengan metode daring. 

Hadir secara daring kegiatan pembukaan di Aula BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, yakni Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang beserta jajarannya.

Pembukaan secara daring diikuti oleh 75 Calon Serkom THL TBPP dari 5 Provinsi wilayah binaan BBPP Binuang. Jumlah Calon Peserta Sertifikasi Kompetensi Penyuluh, yakni Kalimantan Barat 8 orang, Kalimantan Timur 18 orang, Kalimantan Tengah 17 orang, Kalimantan Utara 13 orang, dan Kalimantan Selatan 19 orang.

Kegiatan Sertifikasi sendiri akan dilakukan sebanyak 2 gelombang di akhir bulan Agustus 2021. Angkatan Pertama akan dilaksanakan pada 23 hingga 25 Agustus 2021 untuk wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara sebanyak 39 orang. 

Selanjutnya Angkatan Kedua dari 26 hingga 28 Agustus 2021 untuk Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah 36 orang. Rencana lokasi sertifikasi Kompetensi sendiri akan dilaksanakan di BBPP Binuang.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar