Bekali Literasi Alsintan, BBPP Binuang Motivasi Mahasiswa Uniska Terjun ke Sektor Pertanian

IMPLEMENTASIKAN Kampus Merdeka, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin telah bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang. 

Untuk itu, Uniska memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk belajar banyak hal khususnya bidang program studi yang diikutinya.
 
Dalam rangka penumbuhan dan regenerasi pertanian, BBPP Binuang terus menerus berikan literasi berupa materi-materi teknis dan bisnis tentang alsintan serta keterampilan tentang Alsintan kepada para mahasiswa.
 
“Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di Divisi Alsintan ini, paling tidak mahasiswa memahami peran penting alsintan dalam upaya mendukung peningkatan produksi, utamanya efisiensi dalam proses produksinya,” jelas Soleh.

Selain itu, lanjutnya, juga untuk mendorong kepada pemuda agar memiliki minat untuk berkecimpung di dunia pertanian.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil mengatakan, penguatan sistem pertanian salah satunya harus dilakukan dengan mekanisasi pertanian.  

Menurutnya, Alsintan bisa mengubah pola pandang milenial terhadap pertanian.

"Salah satu fokus Kementerian Pertanian adalah menghadirkan banyak petani milenial. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan alsintan. Karena alsintan bisa mengubah pola pikir generasi muda," katanya.

Ali menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. "Dulu, pertanian identik dengan kotor. Tapi dengan Alsintan, pola itu berubah. Sebab kini pertanian dilakukan dengan mesin," imbuhnya.

Olah tanah, sambungnya, dilakukan dengan traktor, penyebaran benih bisa dilakukan dengan drone, menanam dengan rice transplanter, panen dengan combine harvester dan lainnya.

Ia menambahkan, dengan Alsintan pertanian menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya, dahulu olah lahan dilakukan beberapa hari dengan melibatkan sejumlah orang Tapi dengan alsintan, olah lahan hanya butuh beberapa jam dengan seorang operator. 

"Alsintan juga juga bisa menekan losses yang membuat produktivitas meningkat," katanya.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar