Bimtek Budidaya Tanaman Cabai Digelar di Melawi

ANGGOTA Komisi IV DPR RI Fraksi Nasdem Dapil Kalbar, Yessi Melania SE kembali membuka secara virtual Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani dan penyuluh kerjasama dengan BPPSDMP Kementerian Pertanian, Rabu (25/08/2021).

Budidaya Tanaman Cabai menjadi tema Bimtek kali ini yang dilaksanakan selama 2 hari, bertempat di Karunia Water Park dari 25 sampai 26 Agustus 2021. Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 peserta dari petani dan penyuluh se-Kabupaten Melawi. 

Hadir saat acara pembukaan Sekdis Pertanian Kabupaten Melawi, Jhon Welli, Sub Kordinator Pelatihan Non Aparatur BBPP Binuang, Angga Bayu Saputra, Praktisi Petani Cabai Kabupaten Melawi dan Kordinator BPP.

Dalam sambutannya, Yessi menjelaskan, Indonesia merupakan negara yang berlatar belakang agraris atau merupakan negara pertanian. Artinya pertanian masih memegang peranan penting dalam perekonomian nasional.

Yessi menyampaikan, kenapa Bimtek hari ini bertema Budidaya Cabai, karena cabai merupakan sayuran buah yang banyak digunakan masyarakat. Bahkan seluruh masyarakat sebagai penambah rasa nikmat pada setiap masakan. Meskipun cabai memiliki rasa pedas, tetapi tetap disukai banyak orang.

“Harga cabai melonjak tinggi seiring dengan pertumbuhan masyarakat, dengan demikian budidaya cabai memiliki potensi memperoleh keuntungan yang besar apabila dilakukan dengan teknik yang benar, apalagi di Kabupaten Melawi memiliki SDA yang mendukung,” tutur Yessi.

Bimtek ini terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Pertanian. 

"Ini dilakukan semata-mata demi mendorong kapasitas petani dan penyuluh kita di daerah dan juga bentuk dukungan dari Anggota Komisi IV DPR RI," imbuhnya.

Sejalan dengan upaya tersebut, dalam berbagai kesempatan, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menekankan bahwa pertanian adalah tulang punggung negara, sumber pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia.

“Pertanian harus terus bergerak dan menyesuaikan dengan teknologi-teknologi yang sedang berkembang, teknologi yang menarik bagi generasi muda sekaligus ramah lingkungan,” kata Dedi.

Sekdis Pertanian, Jhon Welli memberikan motivasi kepada petani dan penyuluh. Ia juga menyebutkan jika petani memerlukan pinjaman alat mesin pertanian maka Distan Melawi siap meminjamkannya.

“Penyuluh Pertanian Lapangan wajib membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh petani dalam berbudidaya cabai," ujar Jhon Welli.[bayu]


Posting Komentar

0 Komentar