Bantu Warga Lumpuh di Anjir, drg Sopiyah: Kami Jamin Pengobatannya

PULANG PISAU - Setelah viral di media sosial dan pemberitaan oleh puluhan media kredibel di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), bantuan datang dari Pemkab setempat melalui dinas terkaitnya, yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau.

Bersama timnya, Plt Kadinkes Pulang Pisau, drg Sopiyah didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Pande Putu Guna serta Kepala Puskesmas Pulang Pisau, Rabu (29/9/2021) mendatangi kediaman Atut (27) warga Desa Anjir Pulang Pisau RT 12 yang sejak 10 tahun lalu mengalami lumpuh permanen akibat insiden kecelakaan yang dialaminya kala itu (red). 

"Saat kami menjenguk Atut, memang kondisinya sangat memprihatikan. Dirinya hanya mampu berbaring hingga tidak dapat melakukan aktivitas seperti layaknya kebiasaan orang normal lainnya," kata Sopiyah kepada sejumlah awak media usai menjenguk dan sekaligus menyerahkan bantuan berupa kasur dan lain sebagai kepada Atut.

Menurut Sopiyah, penyerahan bantuan kepada warga lumpuh ini sebagai aksi cepat tanggap Pemkab Pulang Pisau, khususnya melalui Dinkes Pulang Pisau.

"Jujur kita mendapat informasi ini dari pemberitaan teman-teman media di Pulpis. Atas kondisi yang dialami Atut kami tentunya sangat prihatin, jadi kita siap membantu pengobatannya secara intensif meski untuk kesembuhan total tidak dapat kita jamin, tetapi paling tidak ada bagian tubuh yang bisa digerakkan setalah dilakukan pemeriksaan oleh para dokter spesialis nantinya," tuturnya.

Berdasarkan cerita dari orang tua Atut, kelumpuhan yang menimpa anaknya itu saat Atut mengalami kecelakaan sekitar 15 tahun yang lalu dan kemungkinan besar pada saat mengalami kecelakaan itu mengenai bagian tulang belakang sehingga menyebabkan kelumpuhan.

"Kita sangat memahami kondisi keluarga yang tidak bisa membawa berobat sampai tuntas. Andai saja bisa berobat sampai tuntas, mungkin kondisi Atut tidak akan separah ini," bebernya.

Beranjak dari kejadian ini, tambah Sopiyah, pihaknya sudah memberikan informasi kepada kedua orang tuanya, apabila ingin dilanjutkan perawatannya, maka Dinkes siap membantu dan menjamin pengobatan Atut. Karena untuk penanganannya diperlukan Dokter Spesialis.

"Kami juga berpesan mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Pulang Pisau, kalau ada mengalami suatu gejala terhadap kondisi tubuh kita, sesegera mungkin memeriksakan ke unit layanan kesehatan terdekat.

Sementara informasi yang diterima sejumlah awak media, bantuan dari para dermawan lainnya juga akan berdatangan untuk membantu Atut dan keluarganya. Diantara para datang dari sejumlah dinas dan anggota DPRD Pulang Pisau serta sejumlah dermawan lainnya.[manan]


Posting Komentar

0 Komentar