Jadi Petani Itu Keren, Mentan: Pertanian Ibarat Merpati Putih yang tak Pernah Ingkar Janji

MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau akrab disapa SYL memberikan motivasi yang luar biasa saat membuka Pelatihan Kewirausahaan secara online melalui aplikasi zoom cloud meeting, Senin (6/9/2021) lalu.

"Menjadi Petani itu Keren. Kenapa, karena pertanian itu menjanjikan. Pertanian itu selain untuk makan, pertanian pasti menjadi lapangan kerja. Kalau begitu pertanian merupakan masa depan," ucapnya.

"Pertanian ibarat merpati putih yang tidak akan pernah ingkar janji," imbuh Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menyampaikan, petani harus jeli mengembangkan sektor usahanya agar mendapatkan hasil maksimal.  
"Oleh karena itu, materi pelatihan yang disampaikan terkait dengan bisnis kewirausahaan, bagaimana melihat peluang bisnis, bagaimana menggerakkan suatu perusahaan agar betul-betul efisien dari segi biaya, tapi efektif untuk mendongkrak produktivitas, mendongkrak produksi utamanya di sektor pertanian," papar Dedi dalam keterangannya.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Dr Idha Widi Arsanti SP MP dalam arahannya saat Pelatihan Kewirausahaan secara online menyampaikan, saat ini sudah terbentuk 2.200 Duta Petani Milenial di seluruh Penjuru Tanah Air.

"Karena itu, mari kita saling bekerja sama satu sama lain, hal ini tentu akan menunjang usaha kalian," ajak Idha.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Dr Ir Lely Nuryati M.Sc saat memberikan arahan pada pelatihan online kewirausahaan menyampaikan, sektor pertanian merupakan sektor yang terus tumbuh positif dimasa pandemi.

"Saya berharap pemuda mampu memanfaatkannya menjadi ladang usaha, dan menjadi petani milenial yang tidak hanya andal dari segi teknis, melainkan juga di bidang wirausaha dan pemasaran," paparnya.

Pelatihan Kewirausahaan Online telah dibuka pada 6 September 2021, serentak di penjuru tanah air melalui aplikasi zoom cloud meeting. 

Selanjutnya Materi pelatihan Kewirausahaan online berhasil dilaksanakan dengan baik pada tanggal 7 hingga 10 September 2021. 

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati, M.Si menyampaikan, DPM, DPA, Koordinator wilayah, serta petani milenial di wilayah kalimantan sudah diajak dan disosialisasikan untuk turut mengikuti dan menyukseskan pelatihan ini. 

"Saya harap melalui pelatihan ini dapat menjadi kebangkitan petani milenial di wilayah Kalimantan," harapnya.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar