Support Program YESS, Bupati Banjar Buka Langsung Pelatihan

PROGRAM Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang dilaksanakan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mendapat dukungan dari Bupati Banjar. Dukungan tersebut berupa pelatihan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.  

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, Alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS. 

"Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda pemudi harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," paparnya.

Program YESS dijalankan pada empat provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Sudah berjalan sejak tahun 2019, ditargetkan sampai tahun 2025.

Pemerintah Provinsi Kalsel dan Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel, yaitu SMK PP Negeri Banjarbaru, saling bersinergi dalam menyukseskan program YESS salah satunya wilayah pelaksanaan Program YESS, yaitu Kabupaten Banjar.

Kali ini sinergitas ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, dengan datangnya Bupati Banjar, Saidi Mansyur dalam rangka membuka dan memberikan arahan kepada Calon Penerima Manfaat (CPM) Program YESS di Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini berupa monitoring Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petani Milenial YESS di Kabupaten Banjar, tepatnya di Aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, Selasa (31/8/2021).

Saidi Mansyur menjelaskan, kaum milenial harus optimis karena sebagaian besar geografis Kabupaten Banjar sangat cocok untuk pertanian. 

"Hal ini juga selaras dengan salah satu dari misinya, yakni penyediaan 15 ribu lapangan pekerjaan. Sementara untuk permodalan, sebagian akan dikombinakasikan dengan visinya yakni pinjaman dengan bunga nol persen," katanya.

Didampingi oleh Kepala SMK PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, dan Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, HM Riza Dauly, Bupati Banjar menuturkan harapannya.

“Sebagian akan dimasukkan pada program tersebut, sehingga program YESS dengan program kami selaras dan lebih bagus, sehingga pertanian di Kabupaten Banjar akan semakin maju,” ujarnya.

“Semoga yang ikut pelatihan bisa sukses semua menjadi petani milenial seperti yang kita harapkan, dan bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah dengan segala fasilitasinya, dengan peralatan pertanian yang sudah tersedia," pungkasnya.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar