Tingkatkan Skill Petani dan Penyuluh di Balikpapan, Komisi IV Gandeng Kementan

KEMENTERIAN Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, bersama Komisi IV DPR RI menggelar Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh.

Bimtek bertema Pekarangan Pangan Lestari  diikuti sebanyak 60  peserta terbagi menjadi 2 angkatan berlokasi di Aula Kelurahan Sepinggan Raya Kecamatan Sepinggan Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (11/9/2021).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, sektor pertanian di masa yang akan datang tidak bisa diolah dengan cara biasa. Namun harus dikerjakan dengan cara yang serba baru dan lebih modern.

“Dengan Covid-19 ini, kita semakin menyadari bahwa pertanian tidak boleh lagi diolah dengan cara yang biasa.Harus ada innovasi dan ide-ide kreatif dalam mengelola pertanian,” tutur Mentan SYL.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menuturkan, SDM pertanian sebagai subjek pembangunan perlu mendapat prioritas program pembangunan pertanian.

“Sebagai pelaku pembangunan pertanian, petani dan penyuluh sudah selayaknya mendapat prioritas dalam program pembangunan pertanian. Salah satunya melalui kegiatan Pelatihan seperti ini,” ujar Dedi.

Bimtek kali ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11 sampai 12 September 2021 merupakan kolaborasi Kementerian Pertanian, BPPSDMP dengan Program Aspirasi Komisi IV DPR RI, G. Budisatrio Djiwandono ditujukan untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh petani.

Hadir di saat pembukaan Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Kepala Bagian Umum BBPP Binuang, Kordinator BPP, Sub Kordinator Pelatihan Non Aparatur BBPP Binuang, Widyaiswara BBPP Binuang, Sekretaris  Kelurahan Sepinggan Raya dan Kepala Bidang Penyuluhan Distan Kota Balikpapan.

Purnadi, Kepala Bagian Umum BBPP Binuang menyampaikan, Pemerintah atas kesepakatan dengan DPR RI menyelenggarakan Pelatihan bagi Petani dan Penyuluh. Program ini adalah program aspirasi anggota DPR untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh rakyat khususnya dibidang pertanian.

G. Budisatrio Djiwandono dalam menyampaikan arahannya secara virtual mengatakan, Program Pekarangan Pangan Lestari ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. 

"Kami mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman sayuran di pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan," tuturnya.

“Di saat sebagian sektor lainnya terpuruk, justru pertanian hadir menjadi penyelamat perekonomian nasional,” pungkas Budisatrio.[bayu]


Posting Komentar

0 Komentar